Bikin ARMY Sedih, Jin BTS Bakal Mulai Wajib Militer 13 Desember 2022

Jin BTS wajib militer
Kim Seokjin alias Jin BTS mulai wajib militer tanggal 13 Desember 2022. Foto : BTS Weverse.

POJOKSATU.id, MEDIA Korea melaporkan member tertua Seokjin atau Jin BTS akan memulai tugas wajib militernya, per tanggal 13 Desember 2022.


Kamis (24/11/2022), Newsen menyebutkan informasi dari perwakilan militer bahwa Jin akan lebih dulu memasuki pusat pelatihan perekrutan di Kabupaten Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi pada 13 Desember.

Kemudian setelah itu, Jin akan menerima penugasan wajib militer resminya setelah menyelesaikan pelatihan dasar tersebut.

Terkait hal ini, pihak agensi BTS, BIGHIT Music tak membantah, namun tak membenarkan. ‚ÄúSulit untuk dikonfirmasi. Kami meminta pengertian kalian yang murah hati,” demikian pernyataan agensi.


Sebelumnya, kapan tanggal pasti Jin BTS akan memulai tugasnya wajib militer terus jadi pembicaraan publik.

BACA JUGA : ARMY Menangis Terharu, Jin BTS Berlari dan Memeluk Chris Martin Coldplay di Panggung, Perpisahan Sebelum Wajib Militer

Pada bulan Oktober 2022, Jin telah meminta untuk membatalkan penundaan pendaftaran militernya dan kemudian mengikuti proses pendaftaran dari Administrasi Tenaga Kerja Militer.

November 2022, Jin melamar ke Administrasi Tenaga Kerja Militer untuk membatalkan permintaannya untuk menunda tugas wajib militernya.

Jin sendiri sejatinya masih bisa menunda wajib militernya hingga akhir tahun ini berdasarkan Undang-Undang Dinas Militer yang direvisi pada tahun 2020.

BACA JUGA : Sebelum Wajib Militer, Jin BTS Rilis Single Baru Kolaborasi dengan Coldplay

Pada bulan Desember 2020, Majelis Nasional Korea Selatan revisi Undang-Undang Dinas Militer negara yang memungkinkan selebriti K-pop yang mengarumkan nama negara untuk menunda wajib militer mereka hingga mereka berusia 30 tahun, bukan 28 tahun.

Namun, Jin dan pihak agensi mengambil keputusan lebih cepat, karena lelah dengan hujatan sebagian netizen yang menyebut Jin dan BTS terlalu dianakemaskan pemerintah.

Padahal, Jin sudah ingin mendaftar wajib militer jauh hari. Namun agenda BTS membawa nama Korea untuk tampil di Grammy Awards, serta konser untuk Busan Expo membuatnya baru mendaftar November 2022.

Kabar tanggal akan dimulai wajib militer Jin kembali menjadi trending topic di Twitter. ARMY-fans BTS bersedih karena idola mereka harus menjalani tugas negara di musim dingin.

Pasalnya, Jin BTS pernah menyampaikan sebenarnya tidak mau wajib militer di musim dingin saat Live di Weverse beberapa waktu lalu. Karena akan berpengaruh kepada kondisi tubuhnya. (nin/pojoksatu)