Belum Beres Laporan PA 212, Sule, Budi Dalton dan Mang Saswi Dilaporkan Lagi ke Polda Metro Jaya

Sule Budi Dalton Mang Saswi dilaporkan karena menghina Islam.
Budi Dalton, Sule dan Mang Saswi kembali dilaporkan ke polisi.

POJOKSATU.id, TIGA komedian Sule, Mang Saswi, dan Budi Dalton kembali dilaporkan atas dugaan penistaan agama dan Nabi Muhammad SAW. Kali ini, pelapor adalah Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera) ke Polda Metro Jaya.


Ini merupakan laporan kedua dalam kasus yang sama untuk Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton. Sebelumnya, laporan pertama dilayangkan Persaudaraan Alumni 212 (PA 212 ke Bareskrim Polri

“Kita laporkan ketiganya besok ke Polda Metro Jaya besok, Rabu 23 November 2022,” kata Ketua Ampera, Syahrul Rizal, kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Syahrul Rizal menilai apa yang dilakukan ketiganya diduga memang ada unsur kesengajaan mengolok-olok Nabi Muhammad SAW lewat kalimat miras.


“Komedian Sule, Mang Saswi, dan Budi Dalton diduga dengan sengaja dan bersama-sama menista Nabi Muhammad dan agama Islam dengan kalimat miras,” ujarnya.

Atas ulah itu, ketiganya disangkakan dengan Pasal berlapis yaitu Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 UU RI Nomor 1 Tahun 1946, Pasal 156 dan/atau 156A KUHP, dan Pasal 28 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

BACA JUGA : Tak Terima Miras Disebut Minuman Nabi Muhammad, PA 212 Laporkan Komedian Budi Dalton dan Sule ke Bareskrim

Sebelumnya, Budi Dalton dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait videonya yang mengeluarkan lelucon bahwa miras adalah minuman Rasulullah SAW.

Budi Dalton dilaporkan oleh Persaudaraan Alumni (PA 212) karena diduga telah melakukan penistaan agama. Dalam hal ini pelapornya sendiri adalah Novel Bakummin.

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B/0659/XI/SPKT/Bareskrim Polri tertanggal 14 November 2022.

“Sudah kita laporkan Budi Dalton terkait penistaan agama ke Bareskrim Polri. Harus segera diproses,(tangkap),” kata Wasekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin saat dihubungi pojoksatu.id, Senin (21/11/2022).

BACA JUGA : Restui Rizky Febian dan Mahalini Menikah, Sule : Iky Sudah Tahu Resikonya Seperti Apa

Seperti diketahui, viral video Budi Dalton yang menyebutkan, miras adalah kependekan dari minuman Rosulullah.

Budi Dalton menyampaikan pendapat kebablasan itu dalam sebuah acara berisi candaan dengan komedian Mang Saswi dan Sule yang disiarkan Channel Youtube pribadinya di acara Ngobat, belum lama ini.

Usai video itu viral, Budi mendatangi kantor MUI. Atas videonya itu, ia juga akhirnya menyampaikan minta maaf ke publik.

“Bagi yang pernah menonton potongan film itu sekali lagi tentunya saya memohon maaf. Video itu saya buat kurang lebih tiga tahun yang lalu, dan saat itu juga saya sudah membuat beberaopa klarifikasi,” ujar Budi.

Lewat unggahan Intagram-nya, Budi Dalton menyebut bertanggung jawab atas segala perbuatan dan ucapan yang menimbulkan polemik hingga laporan dugaan penistaan agama dan Nabi Muhammad SAW.

Dia kemudian sowan juga kepada Ketua PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad. “Pak Kyai tetap berpesan agar lebih hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan dan saya terima nasehatnya dengan khidmat,” jelasnya. (Firdausi/pojoksatu)