11 Artis Ini Ternyata Masih Keturunan Pahlawan Indonesia

Artis Indonesia keturunan pahlawan
Maia Estianty, Dian Sastro, Celine Evangelista, beberapa artis yang merupakan keturunan pahlawan.

POJOKSATU.id, HARI ini, Kamis (10/11/2022), bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Momen ini menjadi pengingat bahwa para pejuang mengorbankan jiwa dan raga untuk mempertahankan kemerdekaan negara ini.


Meski telah tiada, garis keturunan para Pahlawan Indonesia, baik itu cucu maupun cicit, beberapa diantaranya menjalani hidup lumayan baik, salah satunya di dunia entertainment.

Setidaknya ada 12 artis Indonesia yang diketahui memiliki garis keturunan Pahlawan Indonesia. Mulai dari musisi, aktris hingga selebgram.

1. Maia Estianty


MUSISI kelahiran Surabaya 27 Januari 1976 ini merupakan cicit Raden Hadjie Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto. Ayah Maia, Harjono Sigit, merupakan cucu dari Pahlawan Nasional itu.

HOS Cokroaminoto adalah salah satu pemimpin Sarekat Islam, organisasi pertama di Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai salah satu guru sekaligus mantan mertua Ir Soekarno, presiden RI pertama.

Berkat jasanya, nama HOS Cokroaminoto banyak dijadikan nama jalan di sejumlah kota di Indonesia.

2. Dian Sastro

AKTRIS kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 adalah cucu keponakan dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Beliau dikenal sebagai satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional, Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II.

BACA JUGA : Ini Profil Lima Pahlawan Nasional Terbaru Tahun 2022 yang Ditetapkan Presiden Jokowi

BACA JUGA : Mengejutkan, Dian Sastro Perankan Dewi Api di Film Sri Asih, Jadi ‘Musuhnya’ Pevita Pearce

Beliau juga merupakan satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

3. Ashanty

PENYANYI kelahiran Jakarta, 4 November 1983 ini adalah cucu dengan sosok yang dianggap pahlawan di daerahnya, yaitu Prof DR KH Abdullah Siddik SH.

Beliau merupakan tokoh yang dihormati masyarakat Bengkulu dan sempat diusulkan menjadi Pahlawan Nasional oleh warga Bengkulu Utara pada Maret 2021.

Datuk Abdullah Siddik lahir di Muara Aman, Bengkulu pada 13 Juni 1913 dan aktif di organisasi Jong Islamieten Bond bersama Agus Salim.

Kakek Ashanty ini pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan. Beliau juga disebut pernah merangkap sebagai Mahkamah Tentara Republik Indonesia dengan pangkat Kolonel.

4. Asri Welas

AKTRIS dan komedian kelahiran Jakarta, 7 Maret 1979 ini pernah menyebutkan dirinya masih keturunan Pangeran Harya Dipanegara atau Pangeran Diponegoro. Asri merupakan generasi ketujuh dari pahlawan bernama lengkap .

Pangeran Diponegoro berjasa memimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung 1825-1830 melawan Hindia Belanda.

5. Celine Evangelista

ARTIS pemilik nama lengkap Princessa Celine Evangelista Monica Maureen Richelle ini lahir di Italia, 2 April 1992. Dia merupakan cicit dari Haji Fadeli Luran yaitu tokoh yang mempersatukan umat Muslim di Sulawesi Selatan.

Beliau juga dikenal sebagai anggota militer, pejuang dan pernah menjadi Komandan Batalyon di Sulawesi. Bahkan, Haji Fadeli Luran dijadikan nama jalan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Mantan istri Stefan William ini sempat membagikan momen kala ziarah ke makam Haji Fadeli Luran pada 12 April 2019 lalu.

6. Karina Salim

PENYANYI dan aktris kelahiran 24 Agustus 1991 ini merupakan cicit dari H Agus Salim. Beliau adalah Menteri Luar Negeri ketika Ir. Soekarno menjabat sebagai presiden. Agus Salim ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres No. 657 tahun 1961.

7. Dewi Yull

PENYANYI kawakan ini adalah cicit dari RM Tirto Adhisoerjo, yaitu tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. RM Tirto pernah mendirikan Media Prijaji, surat kabar nasional pertama di Indonesia dengan seluruh pekerjanya merupakan orang pribumi asli.

Pada 1973, pemerintah menobatkannya sebagai Bapak Pers Nasional. Kemudian pada tanggal 3 November 2006, Tirto mendapat gelar Pahlawan Nasional melalui Keppres RI no 85/TK/2006.

8. Nia Dinata

SUTRADARA kelahiran Jakarta, 4 Maret 1969 ini adalah cucu dari Otto Iskandardinata. Pahlawan Nasional yang aktif dalam organisasi.

Pria yang dijuluki si Jalak Harupat ini juga pernah menjabat di Budi Utomo, Paguyuban Pasundan, Volksraad (Dewan Rakyat), menjadi pemimpin surat kabar Tjahaja hingga menjadi anggota BPUPKI dan PPKI.

Otto Iskandardinata diangkat menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

9. Setiawan Djodi

SENIMAN senior bernama lengkap K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat atau beken dengan nama Setiawan Djodi, adalah cucu dari dr. Wahidin Soedirohoesodo.

dr. Wahidin Soedirohoesodo merupakan Pahlawan Nasional yang turut menjadi penggagas berdirinya organisasi Budi Utomo.

10. Paundrakarna

PESINETRON dengan nama lengkap G.R.M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara ini adalah putra sulung dari Raja Pura Mangkunegaran Solo.

Tak hanya berdarah biru, Paundrakarna juga cucu Presiden Soekarno dari hasil pernikahan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IX dengan Sukmawati Soekarnoputri.

11. Jeje Soekarno

SELEBGRAM bernama lengkap Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra merupakan cicit presiden RI pertama yaitu Ir. Soekarno. Pemuda kelahiran Bandung 3 Mei 1998 ini adalah putra dari artis Donna Harun dan adik tiri Ricky Harun. (nin/pojoksatu)