Masih Penuh Perdebatan, Keputusan Wajib Militer Jin BTS Ditentukan Desember Ini

Jin
Jin BTS yang sudah masuk usia wajib militer. Nasibnya akan ditentukan Desember 2022.

POJOKSATU.id, GONJANG ganjing wajib militer untuk member boy group Korea, BTS, terutama anggota tertua Seokjin atau Jin BTS, akan ditentukan Desember 2022 ini.


Selama ini, isu wajib militer BTS menjadi sorotan. Lantaran, pemerintah terus menunda dengan alasan BTS telah memberikan banyak prestasi untuk negara lewat musik hingga level mancanegara.

Menteri Park Bo Gyoon dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata menjelaskan pemerintah berkomitmen bahwa kementeriannya akan menyelesaikan keputusan apakah akan memberikan pengecualian kepada BTS dari dinas militer aktif pada bulan Desember.

Ini dengan pertimbangan anggota tertua Jin BTS, yang akan mencapai persyaratan usia wajib militer pada bulan Desember ini.


“Kementerian akan menentukan posisinya sedini mungkin karena masalah wajib militer anggota tertua BTS Jin akan selesai pada bulan Desember,” jelas Park Bo Gyoon, seperti dilansir Pojoksatu.id dari Koreaboo, Kamis (6/10/2022).

BACA JUGA : Salut untuk Fans BTS, ARMY Indonesia Kumpulkan Rp447 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Sementara itu, anggota parlemen dari Partai Demokrat Kim Young Bae telah meloloskan amandemen undang-undang ini dengan mengusulkan untuk mengizinkan artis budaya pop yang telah menerima urutan prestasi atau medali dalam budaya atau olahraga untuk dikategorikan dalam “Personel Seni dan Olahraga.”

Amandemen ini, bersama dengan undang-undang lain yang disahkan untuk mendukung pengecualian pendaftaran militer BTS, namun masih tertunda di Majelis Nasional di tengah perdebatan yang terus berlanjut. Karena hingga saat ini belum ada satu suara apakah BTS berhak mendapat pengecualian wajib militer.

Park Bo Gyoon sendiri belum punya sikap terkait ini sejak menjabat pada bulan Mei 2022. Dia menilai bahwa opini publik adalah faktor yang paling penting dalam membuat keputusan.

BACA JUGA : Setelah V Dirumorkan Pacaran dengan Jennie BLACKPINK, Giliran Foto Jimin BTS Diretas, BigHit Music Tempuh Jalur Hukum

Park mengatakan dia secara komprehensif meninjau berbagai faktor, dengan premis bahwa dinas militer adalah tugas suci dan simbol keadilan. Tetapi juga dengan mempertimbangkan bagaimana BTS meningkatkan kesadaran dunia akan budaya Korea dan berdampak signifikan pada ekonomi negara.

“Kami dengan hati-hati mengevaluasi kombinasi topik secara keseluruhan, termasuk fakta bahwa pertahanan militer adalah tugas suci dan bahwa dinas militer adalah simbol keadilan. Bagaimana BTS-sebagai pelopor-telah meningkatkan kesadaran tentang Korea dan memiliki efek riak yang luar biasa pada ekonomi,” jelasnya.

Park masih mempertimbangkan bagaimana nantinya BTS akan terus tampil sebagai satu grup jika salah satu dari member mendaftar wajib militer.

Seperti diketahui, di Korea Selatan, semua pria yang sehat dan bugar diharuskan menjalani wajib militer selama sekira dua tahun. (nin/pojoksatu)