Kritik Rencana Penggunaan Kompor Listrik, Mulan Jameela Panen Pujian dari Emak-emak

kompor induksi atau kompor listrik
Mulan Jameela protes kompor listrik panen pujian dari netizen terutama emak-emak.

POJOKSATU.id, PENYANYI dan anggota DPR, Mulan Jameela panen pujian dari emak-emak di tanah air, usai video dirinya mengkritik rencana penerapan program konversi kompor gas 3 Kg ke kompor listrik, viral di media sosial.


Kaum emak-emak memuji Mulan Jameela karena sukses menyuarakan keresahan jika kompor listrik benar-benar diterapkan. Komentar pujian ramai memenuhi postingannya juga beberapa akun gosip yang menayangkan video tersebut.

Dalam video yang beredar, istri Ahmad Dhani itu menyampaikan kritiknya tentang kompor listrik saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementrian Perindustrian di Gedung DPR.


Dia mempertanyakan harga kompor listrik Rp1,5 juta, apakah sudah termasuk dengan perlengkapan memasaknya karena kompor listrik tidak boleh menggunakan alat sembarang.

“Sudah termasuk wajan sama panci apakah tersedia berbagai ukuran, kalau ibu-ibu baliknya pasti ke. Apalagi wajan sama pancinya harganya mahal-mahal,” ujarnya.

BACA JUGA : Tolak Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Listrik, DPR: Jangan Terus-terusan Membebani Rakyat, Pikirkan Nasib Pelaku UMKM

Mulan menjelaskan kritikannya itu bukan hanya karena dirinya anggota DPR tapi juga sebagai emak-emak yang paham bagaimana repotnya kalau kompor listrik ini diberlakukan.

“Jujur saya bicara di sini, kapasitasnya sebagai anggota DPR RI, juga emak-emak. Di rumah kita enggak ngomongin masyarakat yang kurang mampu, kami punya kompor listrik tetap tidak bisa lepas dari kompor gas,” sebutnya.

Dia menilai kompor listrik tidak cocok berbagai menu masakan Indonesia, yang butuh waktu lama untuk memasaknya. “Karena masakan Indoensia beda bukan kayak masakan orang bule, apalagi ada hajatan mana cukup kita kalau kompor gas,” sambungnya.

BACA JUGA : Laporkan Billy Syahputra ke Polisi Dicap Pansos, Robby Shine : Siapa yang Terima Istrinya Dikatain Kayak Gitu?

Dia paham Kementrian Perindustrian hanya menjalankan mandat dimana kompor listrik diharapkan bisa menekan laju impor gas elpiji, namun dia berharap ada pertimbangan yang tepat nantinya. “Mbok ya dipikir, ini benar-benar menimbulkan masalah lagi,” sebutnya.

Beruntungnya, pemerintah sendiri akhirnya menunda penerapan kompor listrik dan tidak akan diberlakukan tahun 2022 ini.

Lewat postingan Instagram-nya, Jumat (23/9/2022), Mulan bersyukur akan hal itu. “Setelah melewati beberapa rapat Komisi dan perjuangan yang cukup panjang, alhamdulillah pemerintah yang diwakili oleh Bapak Menteri ESDM mengabulkan permintaan kami terkhusus dari @fraksipartaigerindra yaitu, membatalkan penghapusan 450 kwh dan mengkaji ulang program konversi kompor gas 3 kg ke kompor listrik (tidak ada penghapusan program LPG subsidi 3kg) Terima kasih Pak Menteri,” tulisnya.

BACA JUGA : Sebut Dito Mahendra yang Dekat Ferdy Sambo, Nikita Mirzani : Mereka Itu Bestie

Netizen pun memuji aksi Mulan saat RDP soal kompor listrik itu.

“Terima kasih bu, sudah mewakili suara hati ibu-ibu rumah tangga di seluruh indonesia, tolak kompor listrik,” komen netizen di postingan Mulan.

“Nuhun teh @mulanjameela1 Atos nyuantenken suantena emak emak,” sambung yang lain.

“Terimakasih mba, aspirasi rakyat tersampaikan,” tulis warganet.

“Masya allah tabarakallah, makasih mba mulan, kata hati emak-emak,” puji netizen.

Sementara itu, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebutkan Jumat (23/9/2022) sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi, pemerintah belum memutuskan konversi kompor LPG 3 kg jadi kompor listik di tahun 2022 ini. (nin/pojoksatu)