Pemerintah Pusat Disarankan Beri Penghargaan ke Eddy Gombloh

Eddy Gombloh meninggal
Aktor dan komedian Eddy Gombloh meninggal. Foto : dok/istimewa.

POJOKSATU.id, KETUA Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) dan Direktur Rumah Film Indonesia, Evry Joe, menyarankan pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada aktor dan komedian seperti Eddy Gombloh.


Evry menilai selama ini penghargaan terhadap aktor senior dari pemerintah pusat sangat kurang. Tidak hanya Eddy Gombloh, namun juga yang telah pelaku seni yang terdahulu.

“Eddy Gombloh, Ateng, S Bagio, mereka adalah entertain-entertain sejatinya dari jaman dulu. Di negara tetangga, Malaysia, film-film Bagio, Ateng, masih digemari sampai sekarang,” ujarnya kepada Pojoksatu.id, Jumat (4/8/2022).


Evry menyebutkan para senior tersebut telah menghasilkan karya untuk bangsa ini. “Kadang-kadang penghargaan itu belum ada sama sekali,” sebutnya.

“Kita gugah pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada aktor dan komedian senior, karena sudah memberikan karya menghibur bangsa dan negara bukan hanya negara kita tapi juga negara luar,” ungkapnya.

BACA JUGA : Aktor dan Komedian Senior Eddy Gombloh Meninggal Dunia, Dimakamkan di Yogyakarta

Tak hanya kepada pemerintah pusat, Evry juga mengajak pemerintah daerah dan pihak swasta ikut memberikan penghargaan ke artis senior.

“Orang-orang seperti Pak Eddy Gombloh ini butuh diperhatikan, karena sebelum orang-orang yang sekarang melejit, merekalah pendahulu yang sudah menggebrak dunia perfilman dan dunia entertaint,” tuturnya.

“Mestinya baik itu asosiasi maupun personal yang mampu, orang-orang yang senior sudah berkarya memberikan hiburan untuk bangsa ini, harus diberi penghargaan, baik dari pemerintah pusat, daerah maupun swasta,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Eddy Gombloh meninggal dunia pada usia 80 tahun di Yogyajakarta. Komedian dan aktor itu akan dimakamkan Jumat (5/8/2022) siang. (nin/pojoksatu)