Bertahun-tahun Menanti Kehamilan Kedua, Annisa Pohan Keguguran, Janinnya Tidak Berkembang

Annisa Pohan keguguran
Annisa Pohan didampingi suaminya AHY dan sang putri usai menjalani perawatan karena keguguran. Foto : Instagram/@annisayudhoyono.

POJOKSATU.id, KABAR duka datang dari Annisa Pohan yang mengalami keguguran dari kehamilan keduanya buah pernikahan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dibina sejak tahun 2005.


Annisa Pohan mengalami keguguran setelah janin dalam kandungnya dinyatakan tidak berkembang.

Annisa Pohan mengumumkan perihal keguguran tersebut di laman Instagram-nya, @annisayudhoyono, Minggu (3/7/2022).


Menantu Presiden ke-6 RI, Bambang Susilo Yudhoyono (SBY) itu menjelaskan mengapa sempat tidak aktif bermedia sosial demi kehamilannya agar berjalan baik. Namun, takdir Allah SWT berkata lain.

“Kenapa saya jarang terlihat belakangan ini, bahkan menutup whatsapp saya dan membukanya kalau penting saja. Sebenarnya Alhamdulillah saya kemarin positif hamil, sehingga istirahat total satu bulan lebih ini dan menghindari hal-hal yang membuat stres, berharap agar kehamilannya bisa sehat dan lancar,” tulisnya.

Annisa mengatakan, janin yang berjalan 7 minggu ternyata dinyatakan tidak berkembang. “Namun Qadarullah, mungkin Allah punya rencana lain yang lebih baik. Kehamilan saya dinyatakan tidak berkembang di usia 7 minggu,” jelasnya.

Dokter menyebut, ukuran bayi yang ada dalam perut Annisa terlalu kecil dan tidak ada detak jantungnya, sehingga tidak dapat dipertahankan.

“Saran dokter agar segera dikeluarkan dan dibersihan dengan sistem ERPOC (serupa dengan kuret bahasa umumnya), dan telah dilakukan kemarin 2 Juli 2022,” sebutnya.

Annisa mengakui sangat menginginkan kehamilan ini. Mengingat, mereka hanya memiliki satu anak yaitu Almira Tunggadewi Yudhoyono yang sudah berusaia 13 tahun. Telah lama, Annisa dan AHY ingin memberikan adik buat Almira.

“Bagi saya dan mas Agus yang telah bertahun-tahun ikhtiar untuk menambah keturunan, diberikan kesempatan untuk dapat positif hamil adalah anugerah yang luar biasa dari Allah. Dan ketika harus mengalami keguguran, tentu menjadi hal yang sangat berat untuk kami,” akunya.

Pun demikian, Annisa dan AHY tidak punya pilihan selain menerima semua takdir ini. “Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik,” ujarnya.

“Walau begitu, kami hanya hamba Allah yang lemah, air mata dan sedih ini susah sekali untuk dibendung, dan berharap waktu yang akan menyembuhkannya,” ungkapnya.

Annisa Pohan bersyukur memiliki suami dan anak yang senantiasa menemani, menyemangati, dan menghibur di masa sulit tersebut.

“MasyaAllah dapat memberikan saya sedikit senyum dan tawa. Allhamdulillah, saya mensyukuri banyak sekali hal yang telah diberikan Allah kepada saya. Atas semua hal yang saya miliki sekarang, sekaligus merelakan hal-hal yang tidak dapat saya miliki,” tuturnya.

“Sebagai manusia biasa tidak semua hal bisa kita dapatkan, tapi sebagai hamba kita hanya bisa memohon ridho dan kasih Allah semata,” sambungnya.

Mantan model itu, mengatakan saat ini masih dalam tahan penyembuhan. “Sekarang saya sedang dalam tahap pemulihan, dan alhamdulillah hari ini sudah lebih baik setelah prosedur kemarin. Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa,” pungkas Annisa Pohan. (nin/pojoksatu)