‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Tuai Pujian, Sang Sutradara Bene Rajagukguk Berharap Film Berlatarbelakang Budaya Semakin Banyak

Film 'Ngeri-Ngeri Sedap'
Sutradara Film 'Ngeri-Ngeri Sedap', Bene Dion Rajagukguk saat di Medan, kemarin. Foto : Nina Rialita/Pojoksatu.

POJOKSATU.id, SUTRADARA dan penulis Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’, Bene Dion Rajagukguk, senang karyanya diterima masyarakat Indonesia. Dimana, hingga hari ini, sudah mencapai 2 juta penonton.


Bene mengatakan awalnya tak pernah berekspektasi terlalu tinggi untuk film Ngeri-Ngeri Sedap yang berlatarbelakang budaya Batak.

“Jadi begitu membuat ‘Ngeri-ngeri sedap’ sejujurnya saya tidak punya ekspektasi ini akan menghasilkan riak-riak besar. Tapi ternyata penonton menyambut dengan baik,” ujar Bene saat diwawancarai di Medan, di sela-sela Movie Day dalam rangkaian ACFFest Anti Corruption Film Festival 2022, Jumat (24/6/2022).


Dia berharap pencapaian ini konsisten dan memacu sines lain membuat film dengan memunculkan latar belakang budaya dan suku lain.

“Jadi kita menonton film Indonesia ada warna, tidak melulu film setting-nya di Jakarta, orang Jakarta. Sementara penonton Indonesia di semua kota di Indonesia ada bioskopnya,” sebutnya.

“Dan kita perlu juga tahu bagaimana film dengan latar belakang budaya Padang, Makassar, Papua, perlu menonton itu agar kita mencintai budaya Inodnesia,” sambungnya.

Bene mengungkapkan sejatinya pada era 70-an, 80-an, industri film Indonesia sangat kaya akan budaya. “Banyak sekali film dengan latar belakang budaya, tapi 2000-an awal, film indonesia bangkit tapi kita harus mengakui kebangkitannya itu tidak disertai dengan keberagaman,” sebutnya.

Dan, tahun 2022 ini akhirnya film Indonesia yang memecahkan rekor film terlaris yaitu KKN di Desa Penari dengan 9 juta penonton. “Itu sebuah kejadian revolusioner yang membuat semua pegiat sinema semangat dan memberikan peluang bahwa industri sinema kembali normal,” tambahnya.

“Kekuatan yang tahun 2022 terjadi memberikan harapan besar karena film terlarisnya film dengan latar belakang budaya. KKN dengan budaya Jawa, dan Ngeri-Ngeri Sedap dengan latar belakang Batak,” sebutnya.

Bene berharap ini memberikan perspektif baru untuk semua orang-orang di belakang industri film. “Bahwa film dengan warna budaya yang sangat lokal bisa diterima secara nasional,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Film Ngeri-Ngeri Sedap dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel, tayang sejak 2 Juni 2022. (nin/pojoksatu)