Alami Pendarahan Otak, Aktris Senior Kang Soo Yeon Meninggal Dunia

Kang Soo Yeon meninggal dunia
Kang Soo Yeon meninggal. Foto : Yonhap.

POJOKSATU.id, KABAR duka datang dari dunia perfilman Korea, setelah aktris Kang Soo Yeon meninggal dunia, Sabtu (7/5/2022).


Kang Soo menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 55 tahun setelah berjuang dari pendarahan otak yang dialaminya yang sebelumnya membuatnya pingsan di rumahnya.

Aktris Korea pertama yang meraih penghargaan di festival film Venesia itu meninggal di salah satu rumah sakit di Selatan Seoul. Dia dirawat di sana sejak Kamis kemarin.

Kang dikenal dengan kecintaannya dengan dunia akting. Dia debut perdana di TV sejak umur empat tahun dan membintangi sejumlah serial TV dan film dan menjadi aktor cilik terkemuka di tanah air.


Pada usia 21 tahun, dia sudah memenangkan Aktris Terbaik di Festival Film Internasional Venesia untuk perannya dalam “The Surrogate Womb” yang disutradarai oleh Im Kwon-taek pada tahun 1987.

Dengan prestasi tersebut, ia menjadi aktor Korea pertama yang menang. hadiah akting di salah satu dari tiga festival film internasional paling bergengsi di dunia, Cannes, Venesia, dan Berlin.

Tahun 1989 dia juga menerima penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Moskow.

Dia menikmati masa kejayaannya di tahun 1990-an, membintangi banyak film box office, termasuk “The Road To Race Track” (1991), “Blue in You” (1992), “Go Alone Like Musso’s Horn” (1995) dan “Girl’s Night Keluar” (1998).

Dalam karya-karya pada 1990-an, ia mewakili perubahan citra perempuan dalam masyarakat Korea dalam film-film feminis seperti “Go Alone Like Musso’s Horn” dan “Girl’s Night Out.”

Penampilan Kang di TV lebih sedikit daripada aktivitas layar lebarnya, tetapi dia adalah salah satu bintang paling bankable di industri ini.

Drama masa depan “Diary of High School Student,” yang ditayangkan di KBS dari tahun 1983-1986, membantunya menjadi salah satu bintang remaja yang paling dicintai di Korea.

Dan drama politik sejarah “Ladies of the Palace” (2001) di SBS, di mana Kang mengambil peran utama, adalah salah satu serial TV dengan rating tertinggi tahun itu.

Kang ditetapkan untuk melanjutkan karir filmnya dengan “Jung-E,” sebuah film asli Netflix yang disutradarai oleh Yeon Sang-ho dari “Train to Busan” (2016). (yonhap/pojoksatu)