Ramai Disebut Tak Suka Dipanggil ‘Koh’, Ernest Prakasa Angkat Bicara

Ernest Prakasa dan istrinya, Meira Anastasia. Foto : Instagram/@ernestprakasa.

POJOKSATU.id, KOMIKA dan sutradara Ernest Prakasa memberikan klarifikasi atas ramainya komentar tentang dirinya yang tidak suka dipanggil ‘Koh’ atau Koko (sebutan abang untuk China).


Ernest mendapati ternyata banyak yang berpendapat seperti itu yang kemudian mulai mengganggunya.

“Sepertinya gua perlu meruluskan sesuatu. Ketika gue akhir tahun lalu merilis film Teka Teki-Tika. Salah satu kegiatan promo main ke YouTube teman-teman, ngobrol ngalur ngidul. Pasca kejadian gua keliling YouTube salah satu hal yang gua dapatkan berkali-kali dan buat gua bingung, ada yang berpersepsi gua enggak suka dipanggil Koh,” tuturnya dalam klarifikasi video di Instagram-nya, Jumat (1/4/2022).


Kemudian ditambah lagi, saat di suatu tempat ada yang memanggilnya ‘Kok’ ada pihak lain yang mengingat, ‘eh jangan panggil Koh, dia enggak suka’.

Ernest pun mulai menyadari itu terjadi karena kemungkinan dari hasil wawancaranya di YouTube yang bercerita tentang masa lalu, diunggah di media sosial tidak secara full, hingga informasinya tidak utuh.

Dia mengatakan dulu memang tidak suka dipanggil Koh, namun semua berubah saat dirinya terjun jadi komika.

“Stand up komedibagi kami stand up komedian itu terapi berdamai dengan masa lalu. Dalam kasus gue, gue dulu sebelum stand up sebal banget dipanggl Koh. Karena dipangil Koh mengingatkan sama identitas gue sebagai China,” jelasnya.

Kata Koh itu, menurut Ernest jadi mengingatkanya jadi korban bullyan pada masa lalu. “Buat gua enggak menyenangkan. Karena gua langsung teringat bullying bertahun-tahun yang gue terima. Satu kata Koh itu nyebelin, jadi ingat hidup gue berat banget,” sambungnya.

“Tapi semua berubah ketika setelah bullying itu dijadikan komedi apalagi lanjut dibuat film ‘Ngenes’. Gua sudah totally berdamai dengan itu. Gue memang China, China dipanggil Koh mau dipanggil apa lagi,” sebutnya.

Dan, saat ini, kata Ernest, dirinya mempersilahkan siapa saja memanggilnya dengan sebutan ‘Koh’.

“99 persen di stand up komedi panggil gue Koh, enggak ada maslaah. Jadi kalau ketemu gua, mau panggil apapun, senyaman lu aja terserah. Mau panggil Koh boleh, asal jangan panggil Cici,” pungkas Ernest Prakasa. (nin/pojoksatu)