Usai Mengunggah Hujatan Berbau Rasis, Akun Instagram Kanye West Diskor 24 Jam

Kanye West
Kanye West

POJOKSATU.id, RAPPER Kanye West mendapatkan sanksi dari aplikasi Instagram setelah mengunggah postingan rasis yang ditujukan kepada Trevor Noah.


Instagram mengonfirmasi Kanye West tidak akan muncul di Instagram selama 24 jam. Rapper itu diskors mulai Rabu (16/3/2022) waktu setempat.

Postingan Kanye yang memicu kontroversi adalah mengutip quotes “Kumbaya, My Lord,” tetapi mengubah lirik dengan memasukkan cercaan rasial yang ditujukan pada Trevor Noah, pembawa acara Afrika Selatan itu.

Kepada TMZ, Instagram menyebut alasan melakukan skor kepada akun Instagram suami Kim Kadarshian itu. Dimana Kanye melanggar kebijakan terkait ujaran kebencian. Pihak Instagram memastikan akan melakukan sanksi lebih jika Kanye masih terus berulah.


Dengan penangguhan atau skors akun tersebut, Kanye tidak bisa melakukan aktivitas apapun di Instagram baik memposting, menyukai, berkomentar atau bahkan mengirim DM ke orang lain. Kebijakan serupa pernah dilakukan Instagram untuk mantan Presiden AS, Donald Trump.

Apa yang diposting Kanye terjadi setelah Trevor membahas perceraan Kim dan Kanye di  acara The Daily Show.  Dimana dia menyoroti kalimat Kanye yang mengaku sedang berjuang dengan kondisi mentalnya.

Trevor menyebut Kanye tidak mengerti apa yang diucapkannya. “Saya pikir Kanye tampaknya tidak mengerti itu. Dia berkata, ‘Tinggalkan saya untuk membuat karya.’ Yeah tapi Kanye, Anda mengatakan kepada kami bahwa Anda memiliki masalah. Sekarang ketika kita khawatir tentang itu, Anda mengatakan kita tidak perlu khawatir karena itu bukan masalahnya,” lanjut Trevor.

Trevor heran dengan sikap Kanye yang mengatakan tidak masalah, namun terus menerus menyerang Pete Davidson yang kini jadi kekasih Kim. Bahkan, Kanye membuat adegan mengubur Pete di video lagunya.

Trevor juga merujuk Kim dalam monolognya. “Dua hal bisa benar. Kim menyukai publisitas. Kim juga dilecehkan. Saya melihat seorang wanita yang ingin menjalani hidupnya tanpa dilecehkan,” katanya dalam siaran.

Trevor juga menanggapi posting cercaan rasial Kanye dengan keterangan Instagram panjang yang tampaknya telah dihapus. “Ada beberapa artis yang memiliki lebih banyak dampak pada saya daripada kamu (Kanye),” sebutnya.

Trevor mengungkapkan Kanye adalah bagian yang tak terhapuskan dalam hidupnya, sehingga dia berharap Kanye tidak lagi menyerang siapapun di media sosial.

“Itulah sebabnya hatiku hancur melihatmu seperti ini. Saya tidak peduli jika Anda mendukung (Donald) Trump dan saya tidak peduli jika Anda meroasting Pete. Namun saya peduli ketika saya melihat Anda di jalan yang sangat dekat dengan bahaya dan rasa sakit,” lanjutnya.

Trevor juga mengingatkan Kanye, trik terbesar yang pernah dilakukan orang-orang secara rasis pada orang kulit hitam adalah mengajari untuk saling melepaskan kehitaman kita setiap kali tidak setuju.

“Menipu kami untuk membagi diri menjadi serpihan sehingga kami tidak akan pernah bersatu menjadi tongkat yang kuat,” ungkap Trevor menanggapi Kanye. (people/pojoksatu)