Rachel Vennya Tak Juga Ditahan, Wirang Birawa : Firasat Gue, Besok-besok Banyak yang Kabur Karantina

Wirang Birawa. Foto : Instagram

POJOKSATU.id, MASTER Firasat Wirang Birawa kembali mengingatkan kasus Rachel Vennya yang bak hilang tak lagi jadi sorotan.


Dia mengatakan jika kasusnya dibiarkan begitu saja, maka akan banyak warga Indonesia yang pulang dari luar negeri menolak karantina.

Meski begitu, Wirang yang baru pulang dari luar negeri memastikan ikut jalani karantina.

“Gua balik Indo gue karantina ajah demi ikuti peraturan pemerintah. Tapi moon maaf cuma mo nanya “yang kabur karantina kemarin ditahan enggak? Kalau enggak sih firasat gue besok-besok banyak yang kabur, benar enggak seh,” ungkapnya di akun Instagram-nya.


Wirang mengatakan ikhlas dikarantina, selain takut kena sanksi, juga takut kena komentar pedasnya netizen.

“Pokoknya sebagai warga negara yang baik ikuti aturan pemerintah soal karantina untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19,” tegasnya.

Wirang menjelaskan mengikuti karantina harusnya kita sadar untuk menyelamatkan keluarga di rumah agar tidak kena virus.

“Itu namanya pemikiran bijaksana, tapi kalau mau kabur tidak ikut karantina silahkan tapi yang jelas sanksinya sih ada dalam pasal 14 UU No.4/1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan pasal 93 UU No.6/2018 tentang kekarantinaan kesehatan,” imbaunya.

Dimana, dalam dua aturan tersebut disebutkan jika sanksi berupa pidana hingga denda maksimal Rp100 juta. Pasal 14 ayat 1 sampai 3 UU No.4/1984 berbunyi; (1) Barang siapa dengan sengaja, menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Undang-undang ini, diancam dengan pidana penjara selama-selamanya 1 (satu) tahun dan/atau denda setinggi-tingginya Rp1.000.000.

Seperti diketahui, Rachel Vennya resmi tersangka kasus kabur dari karantina di Wisma Atlet, bersama kekasihnya Salim Nauderer dan sang manajer.

Meski begitu, Rachel tidak ditahan dan hanya wajib lapor. (nin/pojoksatu)