Ivan Gunawan Blak-blakan! Ternyata Ini Arti Tato Mata Satu di Tubuhnya

Ivan Gunawan
Tato Ivan Gunawan yang terlihat saat jadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier.

POJOKSATU.id, DESAINER Ivan Gunawan akhirnya buka suara terkait tato segitiga mata satu yang menghebohkan beberapa hari lalu. Dimana, dirinya dicap pengikut aliran illuminati.


Igun-sapaan Ivan Gunawan menjelaskan sempat kaget tato itu jadi perbincangan saat dirinya menjadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier.

Padahal, dirinya mengaku tidak juga paham apa yang dimaksud dengan illuminati. “Repot ya, (illuminati) gua juga enggak paham. Dari minggu kemarin gua enggak ngerti orang pada gila-gila mata,” ujarnya berbincang dengan Raffi Ahmad di Podcast Pak Gun miliknya, Minggu (25/7/2021).

Dia mengatakan tato itu sudah lama ada di tubuhnya. Dan, dia memiliki banyak tato dan tidak menyangka satu tato mata itu jadi masalah. Sebab, dia mempunyai pandangan berbeda soal makna tato mata satu itu.


“Itu sudah lama banget, kayak sudah 10 tahun yang lalu. Jadi semua yang nempel di badan gua itu semua ada arti,” sebutnya.

Igun memastikan semua tato di tubuhnya memiliki makna filosofi. Dan, mata satu itu bukan illuminati seperti yang dihebohkan orang, melainkan bermakna mata adalah pancaran hati.

“Tato satu mata sebenarnya kalau diperhatikan di-zoom dari (maknanya) mata gue, karena mata adalah pancaran hati. Ini semua ada filosofinya,” ungkapnya.

Sebelumnya, lewat unggahan Instagram Story-nya, Igun-sapaan akrabnya, sempat menuliskan tanggapannya soal tato itu.

Igun memastikan memiliki hak atas apa yang ada di tubuhnya, baik itu hak membuat tato dalam bentuk berbagai rupa termasuk mata satu.

“Gue mau tato mata kek, kuping kek, idung kek di badan, badan gue. Duh, tato sudah puluhan tahun baru rame deh. Sehat-sehat yah,” jelasnya singkat, Kamis (22/7/2021).

Igun sendiri mendadak jadi perbincangan di media sosial, setelah dirinya mengenakan baju tanpa lengan dan lebar hingga bagian pinggang kelihatan sehingga tato itu terlihat jelas.

Salah satu akun TikTok, @winda Tilani yang mempertanyakan tato di tubuh Igun. “Ivan Gunawan anggota Illuminati (pemuja setan)? Terlihat dari simbol tato yang ditunjukkan di pinggang Igun,” demikian narasi video yang diunggahnya.

Kemudian, ramai sampai ke Instagram. Dan, kolom komentar saat Igun di Podcast Deddy Corbuzier dipenuhi bahasan netizen soal tatonya. (nin/pojoksatu)