Miliki Tato Segitiga Bermata Satu, Netizen Tuding Ivan Gunawan Penganut Illuminati

Tato Ivan Gunawan yang terlihat saat jadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier.
Tato Ivan Gunawan yang terlihat saat jadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier.

POJOKSATU.id, NAMA Ivan Gunawan mendadak jadi perbincangan di media sosial. Ini terjadi setelah netizen menyoroti satu tato di salah satu bagian tubuh sang desainer.


Di bagian bawah tangan kanan Igun-sapaan Ivan Gunawan terlihat tato segitiga dengan mata satu di bagian tengah. Itu sejatinya terlihat saat Igun menjadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier, beberapa hari lalu.

Namun, baru heboh saat beberapa akun TikTok membahas itu, sejak kemarin. Kemudian, warganet ramai kembali menyerbu kolom komentar Deddy Corbuzier di konten ‘500 JUTA BAWA PULANG SANA‼️NO CLICK BAIT NO HOAX NO SPONSOR IVAN GUNAWAN’.

Mayoritas netizen mempertanyakan tato tersebut.

“5:30 logo iluminati di tato Igun,” komen Olan Busali.

“Salfok ke tatonya, itu kan lambang pemuja dajjal. Innalillahi,” tulis pejuang alfatih.

“Ke sini karena viral di TikTok ada tato simbol illuminati di pinggangnya Igun, ternyata benar,” sebut Andy Demaestro.

“Ke sini gegara tiktok yang bahas tato Ivan Gunawan, ada simbol iluminati di situ,” komen Jumadi Madi.

“Aku kesini gara-gara Tiktok,” tulis Mamduhah Mz.

Sementara di TikTok, salah satu akun @winda Tilani mempertanyakan tato tersebut. “Ivan Gunawan anggota Illuminati (pemuja setan)? Terlihat dari simbol tato yang ditunjukkan di pinggang Igun,” demikian narasi video yang diunggahnya.

Saat ini, sudah hampir seribu orang yang komentar. Beberapa akun turut membelanya dan menyebut adanya tato tersebut bukan berarti Igun pengikuti Illuminati.

Simbol Illuminati sendiri kerap disandingkan dengan bentuk Djajal yang digambarkan sebagai mahluk bermata satu.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satunya, National Geographic, pertemuan pertama Illuminati adalah pada 1 Mei 1776. Pelopornya adalah Adam Weishaupt, pria kelahiran Bavaria yang juga seorang profesor hukum kanonik di Universitas Ingolstadt juga keturunan Yahudi

Weishaupt mendirikan Illuminati sebagai sarana untuk mendukung pikiran bebas.

Illuminati sendiri berasal dari bahasa latin, yakni illuminatus, yang berarti tercerahkan. Tujuannya perkumpulan rahasia tersebut adalah mendukung kebebasan, kemanusiaan, perlindungan dari prasangka, dan reformasi kemasyarakatan.

Dari sumber lain, ada juga penelitian yang menyebutkan, organisasi Illuminati ini sudah ada jauh sebelum masa Adam Weishaupt.

Menurut penelitian ini, illuminati merupakan organisasi rahasia Yahudi yang bergerak di bawah tanah, menjalankan segenap agenda Zionisme yang didasarkan pada ajaran Qabala, yaitu ordo rahasia Yahudi tertua yang telah berusia lebih kurang 4.000 tahun.

Adam Weishaupt hanyalah kelanjutan tangan ordo Qabala putih, yaitu salah satu ordo Qabala yang lebih menekankan misi politik, di samping mengembangkan ajaran Qabala dalam menyembah Lucifer.  Di antara salah satu tujuan organisasi ini adalah menghapuskan semua agama yang ada. (nin/pojoksatu)

Loading...