Begini Respon Rina Nose Disebut Berada di Barisan dr Lois

Rina Nose

POJOKSATU.id, KOMEDIAN Rina Nose dicap mendukung pernyataan dr Lois Owien yang tidak percaya virus Corona. Sang dokter pun telah ditangkap polisi, kemarin.


Tuduhan itu diberikan netizen setelah dalam postingannya, Rina menuliskan pendapat yang diduga mengomentari soal reaksi publik atas statemen dr Lois.

Rina mengungkapkan hal yang berbahaya adalah langsung mempercayai kabar hanya dari satu sumber dan langsung dianggap salah jika menemui pendapat berbeda.

“Yang bahaya itu ketika melihat/mendengar kabar dari satu sumber, lalu kabar tersebut langsung dipercaya, langsung dituruti tanpa mempertanyakan (bahkan kepikiran bertanya saja tidak),” tulis Rina di akun Instagramnya.


“Lalu tanpa mencari tahu secara detial dan terperinci, tanpa bersedia meluangkan waktu untuk berpikir, menganalisa, dan membedah segala sumber lebih banyak dan lebih dalam (bahkan kepikiran melakukan pun tidak),” lanjutnya.

“Tapi begitu melihat/mendengar kabar yang sedikit berbeda, langsung dianggapitu salah (hanya karena kabar tersebut terasa asing),” timpalnya.

Hal bahaya lainnya kata Rina adalah saat rangkaian kabar yang sudah dirasa familiar diantara ketidaktahuan dan ketidakpahaman itu disebar dan diulang terus menerus hingga dianggap sebagai satu-satunya kebenaran.

Alhasil, di kolom komentar unggahannya, banyak yang mempertanyakan sikap Rina.

“Apakah Teh Rina ada di barisan dr Lois?,” tanya satu netizen @vatravrastya.

Tidak butuh waktu lama, Rina langsung merespon hal itu. Dia memastikan tidak berada di kubu manapun.

“Saya berada di luar lingkaran manapun agar selalu bisa melihat segala masalah dari berbagai sisi. Belajar, bertanya, analisa, membedah segala informasi. Bukan hanya ngikut sana ngikut sini, melainkan berpikir mandiri,” tegasnya.

Belajar dan menganalisa dilakukan Rina termasuk meragukan untuk segala sesuatu, bahkan yang dirinya setujui sekalipun. Agar bisa memperoleh pengetahuan yang lebih terperinci.

“Dengan begitu tidak akan mudah dihasut dan diprovokasi oleh sebuah narasi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, selama ini Rina banyak dihujat netizen karena dianggap meremehkan Covid-19. Salah satu eksperimennya yang menghebohkan adalah mengetes kuah cireng dengan alat tes Covid.

Rina juga selama ini dikenal mendukung gerakan Jerinx, yang mempercayai Covid namun tidak menganggap virus corona mematikan. (nin/pojoksatu)