Kritik Tayangan Sinetron Suara Hati Zahra, Ernest Prakasa : Wahai Indosiar, Ini Keterlaluan

Ernest Prakasa
Ernest Prakasa. Foto : @rahadyankukuh via @ernestprakasa

POJOKSATU.id, SUTRADARA dan komika, Ernest Prakasa ikut angkat bicara soal ramainya kritikan terhadap penayangan sinetron ‘Suara Hati Zahra’ di Indosiar.


Sinetron itu mendapat kecaman lantaran memberikan peran istri ketiga bernama Zahra kepada artis berusia 15 tahun, Lea Ciarachel Fourneaux.

Di tayangan itu, Lea dipasangkan dengan aktor berusia 39 tahun, Panji Saputra, yang memerankan sosok Tirta yang memiliki tiga istri, salah satunya Zahra.


Lea dianggap terlalu muda untuk memerankan figur istri dengan adegan dalam pernikahan, baik cerita soal malam pertama dan kehamilan.

Dalam ceritanya, Zahra ini berasal dari kampung dan keluarga sederhana. Dan, demi membantu ekonomi keluarganya, dia terpaksa mau menikah dengan Tirta, pria yang sebelumnya sudah mempunyai dua istri.

Ernest akhirnya mengemukakan pendapatnya agar bisa didengar Indosiar.

“Karena banyak teman-teman yang bisa meramaikan masalah ini tapi terikat oleh etika, kontrak kerja, ataupun rasa tidak enak hati, maka biar saya yang bersuara,” tegasnya di laman Instagram-nya, Senin (1/6/2021) malam.

Dia menyebut Indosiar keterlaluan karena tanpa melihat banyak aspek dalam penayangan di layar kaca.

“Wahai @indosiar, ini keterlaluan. Sangat amat keterlaluan. Pemeran Zahra itu usianya masih 15 tahun. Okelah tolak ukur TV adalah rating, tapi tolak ukur manusia adalah nurani dan akal sehat. Menurut kalian ini wajar?,” tegasnya.

Postingan Ernest mendapatkan banyak dukungan dari kalangan public figure.

Amel Carla salah satunya. Mantan artis cilik ini heran bagaimana mungkin saat menggarap sinetron itu tidak bisa menemukan artis yang layak secara usia untuk memerankan figur istri ketiga.

“Y’all can cast a 20++ years old to act as a high schooler yet can’t find a 18++ years old to act as a third wife? (Kalian semua bisa mencari artis usia 20-an untuk memerankan sosok anak sekolahan, tapi kalian enggak bisa mencari artis usia di atas 18 untuk memerankan istri ketiga?),” tandasnya. (nin/pojoksatu)