Sepakat dengan Anji, Melly Goeslaw Heran Lihat Banyak Komposer Protes PP No 56

Melly Goeslaw. Foto : @nasikilla via Instagram @melly_goeslaw.

POJOKSATU.id, MUSISI Melly Goeslaw mendukung langkah Anji yang mengedukasi terkait pembayaran royalti lagu yang tercantum di PP No 56 tahun 2021.


Di mana saat ini, pro kontra memaknai PP ini terjadi di kalangan musisi itu sendiri.

Salah satunya Julian Jacob yang menyebut karya tidak melulu soal uang. Dan dirinya memperbolehkan lagu ciptaannya jika diputarkan di tempat umum, seperti warung, toko kecil dan kuli bangunan, tanpa perlu membayar royalti.

Pendapat itu yang kemudian memantik reaksi Anji dan memberikan penjelasan bahwa tidak benar warung, toko kecil dan kuli dibebankan pembayaran royalti jika memutarkan lagu milik seseorang.


Hal ini diamini Melly Goeslaw. “Betul banget, makasih @duniamanji sudah mewaliki komposer, seharusnya penjelasan ini bisa dimengerti,” tulisnya di kolom komentar Anji, Rabu (7/4/2021).

Menurut Melly PP tersebut sejatinya sudah dijalankan sesuai UU tahun 2014. “Yang ditanda tangani Pak Jokowi malah lebih menyempurnakan dari tahun 2014,” lanjutnya.

Oleh karena, Melly bingung jika ada komposer kontra dengan PP tersebut.

“Jadi pagi ini bangun tidur gue baca medsos garuk-garuk kepala lihat kok malah banyak komposer yang komplen. Hahha kumaha sih. Gue ijin respost ini ya nji,” jelasnya.

Melly pun mengunggah ulang penjelasan Anji di Instagram-nya, sehingga niatnya menjelaskan soal PP tidak lagi perlu dilakukan, karena telah diwakilkan Anji.

“Dari semalam banyak yang WA menanyakan perkara ini, hari ini saya mau kasih penjelasan sejauh pengetahuan saya. Tapi pas liat IG @duniamanji rupanya sudah kasih penjelasan yang lebih bagus. Jadi saya repost punya Anji aja,” bebernya.

Melly menambahkan bahwa peraturan itu sudah berjalan lama sesuai PP No 28 thn 2014.

“Dan sampai sekarang masih ada station TV yang enggak mau bayar royalti. Jadi harusnya komposer bersenang hati saat tahun ini. Pak @jokowi mempertegas melalui PP no.56 tahun 2021, jelas ya,” pungkasnya. (nin/pojoksatu)