3 Menit Jerinx Dan Nora Gituan di Mobil Tahanan, Jaksa Dituding Lalai

Jerinx SID dan Nora memadu kasih di mobil tahanan

POJOKSATU.id, BALI – Foto dan video mesra Jerinx SID dengan istrinya Nora Alexandra di mobil tahanan jadi sorotan.


Jerinx dan Nora melepas rindu di mobil tahanan kejaksaan usai menjalani persidangan pada Selasa (29/9).

Kejaksaan Negeri (Kejati) Bali menilai ada kelalaian dalam pelaksanaan standard operating procedure (SOP) yang dilakukan saat pengawalan tahanan.

“Terkait adanya peristiwa Nora, istri Jerinx berada di mobil tahanan seusai persidangan Selasa, 29 September 2020, dapat disampaikan bahwa melihat dari pemberitaan terkait peristiwa tersebut diduga ada kelalaian dalam pelaksanan SOP pengawalan tahanan,” ucap Kasi Penerangan Hukum Kejati Bali, Luga Harlianto.


Kejati Bali akan melakukan evaluasi dan menekankan agar peristiwa itu tidak terulang lagi, baik dalam persidangan perkara Jerinx atau persidangan kasus lainnya.

“Pada prinsipnya tidak ada perlakuan istimewa apapun terhadap terdakwa Jerinx,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa harus diketahui secara lengkap dan komprehensif dari awal kenapa Jerinx sampai mendapat keistimewaan bermesraan dengan Nora di mobil tahanan.

“Pada prinsipnya secara lisan pimpinan maupun pada saat persidangan itu tidak pernah melakukan perlakuan spesial khusus kepada Jerinx. Yang jelas pimpinan sudah mengingatkan agar tidak terulang kembali peristiwa tersebut,” tegasnya.

BACA: Jerinx SID Bercumbu dengan Nora di Mobil Tahanan, “Terima Kasih Jaksa”

Terkait apakah ada tidaknya sanksi diberikan kepada jaksa atau pengawal tahanan, Luga menegaskan akan mengevaluasi terbit dahulu.

Lantas bagaiman seharusnya penerapan SOP pengawalan tahanan dilakukan?

Kata Luga, pada dasarnya tahanan harusnya berada sendirian di dalam mobil tahanan dan didampingi oleh pengawal.

“Kalau kita sudah ada SOP pengawalan tahanan berikut didalamnya terhadap bagaimana tahanan itu di berada mobil tahanan. Nah, itu pada prinsipnya tahanan saja yang ada di sana, lalu kedua pada posisi terborgol” katanya.

“Kalau dilihat dari video itu saja diduga ada kelalaian, tapi pimpinan ingin melihat seperti apa dulu,” tandasnya.