Sempat Bercita-cita Jadi Dokter, Ini Alasan Rudy Choirudin Pilih Jadi Chef

Chef Rudy Choirudin. (Foto IG/Rudy)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Rudy Choirudin merupakan salah satu chef legendaris di Indonesia. Ia dikenal dengan kemampuannya memasak masakan khas nusantara.


Tidak hanya itu, Chef Rudy juga sudah tampil menghiasi layar kaca sejak 1990 atau sekitar 30 tahun.

Namun siapa menyangka, jika dulunya Chef Rudy justru bercita-cita menjadi dokter. Keinginan tersebut tidak pernah goyah bahkan setelah lulus SMA.

“Dari SD, lulus SD ditanya cta-citanya mau jadi apa, dokter. Lulus SMP, dokter. Lulus SMA, dokter,” ungkapnya saat jadi bintang tamu di acara Okay Bos, Jumat (4/9).


Rudy pun memutuskan untuk mengasah kemampuannya menjadi chef setelah tidak lulus sekolah kedokteran.

“Begitu saya ambil kedokteran, waktu itu masih Sipenmaru. Ambil kedokteran, pilihan keduanya, apa ya saya bilang begitu, pertanian aja deh. Yang lulus malah pertanian. Ah enggak ah, apa masaknya aja yang saya kembangin ketika itu,” paparnya.

Rudy sendiri memang mengaku suka memasak sejak kecil. Lingkungan keluarga, dikatakan, berpengaruh besar dalam keputusannya menjadi chef.

“Keluarga ayah saya itu pandai masak semua, termasuk ayah saya. Nah, ayah saya itu jenis masakannya yang modifikasi masakan, karena dari kecil sudah pandai memasak. Karena orangtuanya sudah memberikan pelajaran kepada dia, anak laki-laki tuh kebanyakan merantau nantinya, jadi dia harus dibekali, dia pandai memasak,” tuturnya.

Tidak hanya keluarga dari pihak ayah, pihak ibu pun demikian. “Dari keluarga ibu saya, ibu saya kebetulan yang pandai memasak. Saya (belajar), dari ibu dari keluarga ayah saya juga,” tandasnya.

(zul/pojoksatu)