Larangan Penggunaan Kantong Plastik Diberlakukan Mulai Besok, Nadia Mulya Ingatkan Bawa KBRL

Nadia Mulya. (foto Instaagram/@nadiamulya)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mulai besok (1/7), larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Jakarta mulai diberlakukan.


Aturan larangan penggunaan kantong plastik itu sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019.

Disebutkan, pengelola pusat perbelanjaan dan pasar rakyat diwajibkan untuk memberitahukan aturan tersebut kepada pelaku usaha.


Kemudian dalam pelaksanaannya, setiap pelaku usaha hanya boleh menyediakan kantong ramah lingkungan yang tidak gratis.

Terkait aturan ini, presenter Nadia Mulya, melalui akun Instagramnya, mengingatkan followersnya untuk menaati aturan tersebut.

Terlebih sebelum diberlakukan aturan tersebut sudah disosialisasikan terlebih dahulu selama enam bulan. Ia pun menyarankan untuk menggunakan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL).

“Sudah siapin kantong belanja ramah lingkungan (KBRL) besok? Per 1 Juli, tidak akan tersedia lagi kantong kresek di swalayan, toko, dan pasar, sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta no. 142 tahun 2019,” tulisnya pada unggahan di Instagram, Selasa (30/6).

“Not even tersedia kantong kresek yang bisa dibeli lho, jadi rajin bawa KBRL dari sekarang yaa… sudah diberikan waktu 6 bulan toh untuk sosialisasi dan mempersiapkan diri,” sambungnya.

Unggahan Nadia ini pun menuai komentar warganet. Banyak diantara mereka menanggapi positif aturan tersebut dan berharap bisa mengurangi sampah plastik.

(zul/pojoksatu)