Bacakan Surat Sedih dari Covid-19, Cinta Laura : Saya Harap Bisa Mengubah Persepsi Kita

Cinta Laura Foto : Instagram/@claurakiehl

POJOKSATU.id, WABAH virus corona (Covid-19) telah menelan ribuan korban jiwa di dunia dan banyak lainnya masih berjuang di rumah sakit untuk sembuh.


Virus ini telah memberikan dampak besar bagi perekenomian hingga mengubah prilaku manusia. Ya, semuanya diimbau untuk tetap di rumah menghabiskan waktu dengan keluarga dan melupakan soal jalan-jalan, kumpul di mal, serta menjaga kebersihan.

Setiap kejadian bahkan bencana sekalipun selalu ada hikmah di balik itu semua, sama dengan hadirnya virus tersebut.


Artis cantik Cinta Laura ingin memberikan pemahaman yang lebih mendalam untuk semuanya dengan menerjemahkan satu video mengharukan tentang virus ini bertajuk ‘A Letter From COVID-19 (Sebuah Surat dari COVID-19)’.

“Hai semuanya, saya Cinta Laura, saya duduk di teras rumah mendengarkan kicauan burung dan menikmati sinar mentari. Dalam keadaan sulit saat ini, saya mentranslate video ini. Saya berharap bisa mengubah persepsi kita. Tetap jaga kesehatan, tetap kuat,” ujarnya lewat video yang diunggahnya, Kamis (2/4/2020) pagi.

Di video itu sejatinya berbahasa Inggris dengan teks bahasa Jerman, Cinta kemudian menuliskan artinya di caption video tersebut.

Artinya sungguh menggugah, karena menyadarkan manusia bahwa selama ini kita terlalu kejam dengan dunia. Terlalu banyak waktu di luar dan minim momen bersama keluarga. Lewat surat ini, Cinta ingin menyadarkan bahwa gaya hidup tidaklah lebih penting dari satu kata yaitu ‘kehidupan’.

Berikut, tulisan lengkap surat dari Covid-19 yang sangat mengharukan;

Saya COVID-19. Beberapa dari kamu mungkin hanya mengenal saya sebagai Coronavirus. Ya, itu saya. Maafkan saya karena telah datang tanpa pemberitahuan. Saya tidak pernah memperingatkanmu seperti apa bentukku atau bagaimana cara saya hadir dalam kehidupanmu. Kenapa saya disini? Sederhananya, saya bosan melihat kemunduran perilaku yang menyimpang dari kemajuan.

Saya bosan melihat bagaimana tanganmu menghancurkan semua yang disentuh. Saya bosan melihat caramu memperlakukan bumi. Saya bosan melihat perlakuanmu terhadap satu sama lain. Saya bosan melihat kekerasan dan pelecehan yang terjadi dalam perang, konflik pribadi, dan prasangka. Saya bosan dengan kecemburuan sosialmu, permainanmu, kemunafikanmu dan keegoisanmu. Saya bosan melihat sedikit waktu yang kamu luangkan untuk diri sendiri dan keluargamu. Saya bosan melihat betapa sedikitnya perhatian yang kamu berikan kepada anak-anakmu. 

Saya bosan dengan kebodohanmu. Saya bosan denganmu yang selalu mementingkan hal yang dangkal. Saya bosan dengan obsesimu dalam menentukan dan memilih pakaian terbaik, smartphone terbaru, mobil terbaik, yang pada akhirnya melihatmu membuangnya dengan sia-sia. Saya bosan dengan pengkhianatanmu, saya bosan dengan informasi yang selalu salah diberikan. Saya bosan dengan keterbatasan komunikasi yang terjalin satu sama lain. Saya bosan dengan keluhan dan kemalasanmu melakukan apapun untuk memperbaiki hidupmu sendiri. Saya muak melihatmu berdebat tentang hal-hal kecil dan tidak penting. 

Saya muak mendengarmu mengeluh tentang para pemimpin dan keputusan buruk mereka, padahal sebenarnya mereka adalah representasi diri KAMU! Saya muak melihat orang-orang saling menghina dan membunuh satu sama lain hanya karena pertandingan sepak bola. Saya tau saya akan menyulitkan, bahkan mungkin akan sangat meyulitkan. Tapi saya tidak perlu berhadapan langsung denganmu. Saya adalah virus. Tindakan saya akan menelan banyak korban, tetapi saya ingin kamu mengerti bahwa perubahan harus terjadi demi kebaikanmu sendiri! Kebenarannya sederhana. 

Kamu telah melihat keterbatasanmu dalam menghentikanku! Semuanya telah kuhentikan secara tiba-tiba, agar kamu mengerti bahwa yang penting hanya satu hal: KEHIDUPAN.

https://www.instagram.com/tv/B-dVb3OjgX3/?igshid=1tm2gf9o7b8mg

(nin/pojoksatu)