Kerusuhan dan Pembakaran di Rutan Klas IIB Karo, 18 Napi Ditetapkan Tersangka

Para tahanan Rutan Klas IIB Karo yang dievakuasi usai rusuh dan kebakaran.
Para tahanan Rutan Klas IIB Karo yang dievakuasi usai rusuh dan kebakaran.

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Sebanyak 18 napi ditetapkan tersangka dalam kasus kericuhan di Rutan Klas IIB Kabanjahe, Karo, Sumut, yang terjadi Rabu (12/2/2020).


Dari 18 tersangka tersebut satu diantaranya diduga sebagai provokator yang menyulut terjadi pembakaran ruang di rutan oleh para warga binaan.

Dialaha W (40) warga binaan yang telah didakwa hukuman penjara seumur hidup dalam kasus narkoba. “Perannya pembakaran rutan,” ujar Kasat Reskrim Polres Karo, AKP Sastrawan Tarigan, Kamis (13/2/2020).

“Perlu kita garis bawahi dari 18 tersangka itu tiga orang diantaranya ancaman seumur hidup,” lanjutnya.

Dan, W tersebut bagian dari tiga kelompok pengedar narkoba yang ditangkap, beberapa waktu lalu oleh polisi. “Barang bukti sabu 9 kg dari tiga orang,” ujar Sastarawan.

Pun demikina, Sastrawan mengungkapkan pihak polisi terus menyelidiki penyebab utama kericuhan di rutan tersebut.

“Ada sipir yang diperiksa sebagai saksi, untuk menguatkan bukti terhdap para warga binaan yang membuat kerusuhan dan pengerusakaan,” ungkap Sastarawan.

Terkait motif para napi menjadi beringas kemarin, Sastarawan belum bisa menjelaskan penyebab utamanya.

“Setelah interogasi awal, bahwa terjadinya kekisruhan berawal dari keributan antara sesama warga binaan, terus berkembang dari ketidakcocokan warga binaan dan ada informasi (ketidakcocokan) dari sipir ke warga binaan,” jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memastikan situasi di Rutan Kelas IIB Kabanjahe sudah kondusif.

Sebanyak 410 napi dan tahanan berhasil diamankan dievakuasi. Sebanyak 192 di antaranya tinggal di Tanah Karo karena dia masih proses persidangan. Sementara 191 sudah dipindahkan ke Hinai, Binjai, Medan dan Sidikalang. “Hari ini saya tadi sudah lapor sama Bapak gubernur semua sudah kondusif,” tegasnya. (nin/pojoksumut)

 

loading...

Berita Terkini