Dian Sastro Beberkan Alasan Mengapa Batik Itu Penting

Dian Sastro

POJOKSATU.id, AKTRIS cantik Dian Sastro memaknai Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dengan mengenakan kain tersebut.


Dia tampak sederhana mengenakan balutan kain baik berwarna cokelat. Dia duduk menatap kain tersebut. Di bagian kepala juga tersemat hiasan rambut yang membuatnya terlihat elegan.

Bagi Dian mengenakan batik bukan hanya sekadar seremoni, namun memaknai sejarahnya bagaimana batik jadi begitu penting. Dia mengungkapkan semuanya lewat tulisan bertajuk “Kenapa batik itu penting?”

“Jaman dulu leluhur kita pakai kain batik sebagai pakaian kebesaran dan pakaian buat berangkat perang. Di setiap garis dan titik, tersembunyi doa dan keinginan para pembatiknya. Dan karena jaman dulu kegiatan membatik itu adalah bentuk berdoa kepada Yang Maha Kuasa, enggak jarang doa doa itu terkabulkan kepada mereka yang mengenakan kain batik itu,” bebernya, Rabu (2/10/2019) sore.


Dian mengungkapkan konon kata almarhum eyang bapaknya, jaman dulu pasukan kerajaan-kerajaan nusantara berangkat perang dengan batik. “Peluru maupun pedang enggak bisa tembus. Mungkin mereka terlindungi oleh doa yang sudah berubah wujud menjadi kain batik tersebut,” ungkapnya.

Dian menuliskan jaman dulu, ibu-ibu membatik untuk suami dan anak anaknya. Tentunya disertai dengan doa dari dasar hati yang paling ingin melindungi keluarganya. “Kalau saja saya bisa membatik, pingin deh bisa melindungi keluarga saya dengan mendadani mereka dengan batik bikinan saya sendiri,” harapnya.

Pemeran dalam Film Ada Apa Dengan Cinta ni mendoakan semoga ibu-ibu pembatik yang sampai sekarang ini masih ada di jaman moderen selalu terlindungi dan terberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Karena doa merekalah yang kita nikmati dalam kain batik-batik tulis yang masih diproduksi sampai sekarang ini. Semoga kebaikan dan ketekunan ibu ibu dan bapak sekalian dibalas berlipat-lipat gandanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah. Amin,” pungkasnya dengan menyertakan tagar #SelamatHariBatikNasional #WarnaWarniBatikIndonesia. (nin/pojoksatu)