Polemik RUU Permusikan, Begini Komentar Iwan Fals

Iwan Fals
Iwan Fals

POJOKSATU.id, PRO KONTRA Rancangan Undangan-Undang (RUU) Permusikan telah membuat heboh media sosial.

Suara para musisi terbelah belah. Ada yang tegas menolak lahirnya RUU, ada juga yang setuju namun revisi berapa pasal kontroversi. Pun ada juga yang kontra RUU Permusikan, namun sepakat jika ada RUU Tata Kelola Industri Musik.

Di tengah masih panasnya isu ini dibahas, musisi senior, Iwan Fals akhirnya buka suara juga.

Lewat akun Twitternya, Selasa (5/2/2019), Iwan menyarankan semua pihak yang saling bertentangan untuk tidak ambil jalur adu jotos dan sebaiknya meredakan semuanya dengan diskusi.

“Soal RUU Permusikan rame ya…dirembukin baek2lah, mumpung belum di”dok” jangan sampe jotos2an ye, pemusik tu perasa lo, malu tau, pemusik yg ngerti bahasa hukum ya berjuanglah habis2an, sampe ke harmoni yg sejati, krn ini menyangkut masadepan musik Indonesia,” tulisnya.

Saran pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto ini disambut baik netizen. Hanya saja, Iwan Fals juga mendapat kritikan karena tak lagi garang mengkritisi kebijakan pemerintah seperti era Orde Baru.

“Kapan kritik mu kluar lagi maestro…??? Aku rindu kritik-kritik mu seperti dulu yg selalu membelah malam,” balas salah satu warganet di tweet Iwan Fals tersebut.

Seperti diketahui musisi yang juga drummer SID, Jerinx berseteru dengan Anang Hermansyah yang saat ini sedang menggodok RUU Permusikan dan memberi masukan atas beberapa pasal yang dianggap bakal mengekang kebebasan berekspresi para musisi Tanah Air. (nin/pojoksatu)

Berita Terkini