Begini Cara Kerja Mucikari Prostitusi Online Selebritis Vanessa Angel dan Avriellya Shaqqila

Vanessa Angel setelah diperbolehkan pulang oleh Polda Jawa Timur, Minggu (6/1/2019)
Vanessa Angel setelah diperbolehkan pulang oleh Polda Jawa Timur, Minggu (6/1/2019)

Yusep menjelaskan, dalam aksinya, kedua mucikari itu menjajakan sejumlah selebritis yang bisa diajak indehoi melaui media sosial, baik Instagram maupun media sosial lainnya.


Setelah mendapat pelanggan, kedua mucikari itu memfasilitasi komunikasi antara pria hidung belang dengan si selebritis yang diinginkan.

Kendati demikian, Yusep tidak menjelaskan apa yang didiskusikan.


Yang jelas, kedua mucikari itu meminta uang muka 30 persen dari tarif yang ditentukan atas masing-masing selebritis yang dijajakan.

Tantri dan Endang lantas meminta calon pelanggan untuk mentransfer uang muka melalui transfer rekening.

“Kami sudah blokir rekening saudara TN (Tantri, red). Kami juga masih lakukan pendalaman dan minta bantuan PPATK terkait transaksi keuangannya,” tutur Yusep.

Atas perbuatannya, polisi menjerat keduanya dengan pasal 27 dan 45 UU ITE dan pasal 296 KUHP dengan ancaman hukuman selama 1 tahun 4 bulan.

Untuk diketahui, Vanessa Angel dan Avriellya Shaqqila ditangkap karena diduga terlibat dalam prostitusi online.

Wakil Dirreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara Syarifuddin menjelaskan, keduanya datang dari Jakarta ke Surabaya lewat perantara muncikari di media sosial.

Keduanya dipesan seorang pengusaha kaya raya asal Surabaya. Transaksi itu sendiri sebelumnya sudah terdeteksi tim patroli cyber crime Polda Jatim selama sebulan terakhir.

“Penyidik masih mendalami soal bagaimana pembagian tarif,” katanya.