Marlina Si Pembunuh Wakili Indonesia untuk Best Foreign Language di Oscars

Marsha Timothy saat memenangkan Piala Maya untuk perannya di film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Komite seleksi yang diketuai Christine Hakim mengumumkan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) menjadi submisi Indonesia untuk Best Foreign Language Oscars ke-91.


Christine menjelaskan, Marlina terpilih dari 101 film Indonesia yang beredar selama setahun lalu.

“Seleksi ini bukan untuk memilih yang terbaik, tetapi yang sesuai dengan karakteristik Oscars,” paparnya, dilansir JPNN.

Fauzan Zidni dari Cinesurya selaku produser film tersebut mengungkapkan, ada 90 film dari 90 negara yang masuk submisi Best Foreign Language Oscars.


Selanjutnya, ada tahap penyaringan. “Para juri dari AMPAS akan voting untuk memilih sembilan film yang masuk shortlist,” terangnya.

Diketahui, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards atau Oscar menunjuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk memilih satu film Indonesia. Film tersebut akan mewakili Indonesia pada kategori Best Foreign Language 2019.

(nor/c18/nda/pojoksatu)