Cerita Jasad Olga Syahputra Tiba-tiba Menghilang

Olga Syahputra
Olga Syahputra

POJOKSATU.id, SINGAPURA – Presenter Olga mengembuskan napas terakhir pukul 17.07 waktu Singapura atau pukul 16.07 WIB setelah menjalani perawatan intensif selama hampir setahun di Rumah Sakit (RS) Mount Elizabeth, Singapura. Namun, jasad Olga tiba-tiba menghilang. Kok bisa?

Ya, kabar meninggalnya artis Olga Syahputra membuat kehebohan di RS Mount Elizabeth. Jawa Pos (Grup PojokSatu.id) yang langsung datang begitu mendapat kabar meninggalnya Olga menyaksikan kesibukan di RS mulai meningkat sejak Jumat malam (27/3), pukul 20.00 waktu setempat.

Penyebabnya, puluhan fans Olga di Negeri Singa ingin tahu langsung kebenaran meninggalnya Olga yang membuat pihak rumah sakit melakukan penjagaan ketat.

Saat Jawa Pos mendatangi bagian informasi rumah sakit, staf resepsionis mengatakan, tidak ada pasien bernama Olga. Saat semakin banyak warga Indonesia yang berdatangan di lobi RS Mount Elizabeth, bagian informasi kembali di meja informasi dan hanya memandangi kerumunan warga.


”Maaf, saya tak berwenang memberikan keterangan apa pun. Kalau Anda tanya seseorang bernama Olga dari Indonesia dirawat di rumah sakit ini, saya tak akan memberikan keterangan apa pun,” kata petugas sekuriti yang enggan menyebutkan namanya.

Kamarudin, salah seorang warga Singapura, mengaku pernah melihat Raffi Ahmad di RS Mount Elizabeth. Bang Din –panggilan Kamarudin– mengatakan, saat iseng meminta foto dengan Raffi, dirinya bertanya soal kondisi Olga.

”Raffi saat saya tanya menjawab kondisi Olga baik-baik saja. Saya tahu keduanya sering muncul di acara Dashyat,” ujar Bang Din.

Bang Din pula yang membawa beberapa orang Indonesia untuk turun ke level 1 RS Mount Elizabeth. Di level 1 itu, menurut Bang Din, ada pintu keluar jenazah. Saat Jawa Pos mendatangi level 1 pun, tidak banyak informasi yang didapat. Namun, di level 1 banyak warga Indonesia yang juga menunggu.

”Saya penasaran. Saya liburan di Singapura. Terus mendengar Olga meninggal, saya ke sini untuk memastikan,” ujar Nella, warga Bekasi.

Olga Syahputra Meninggal
Sejumlah fans dari berbagai daerah di Singapura berdoa bersama di depan Rumah Sakit Mount Hospital Singapura, Jumat malam (27/3/2015). | FOTO: Dipta Wahyu/Jawa Pos

Menjelang tengah malam tadi, masih banyak warga Indonesia yang berkumpul di level 1 dan 2 Tower C RS Mount Elizabeth. Sarah, salah seorang fans Olga asal Singapura, menangis sesenggukan di level 2 Tower C RS Mount Elizabeth. Perempuan berjilbab itu menulis rasa dukanya dalam secarik kertas untuk Olga.

Berdasar informasi yang didapat, jenazah Olga dimandikan di Singapore General Hospital (SGH). Ketika dikonfirmasi, Pejabat Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI di Singapura Sukmo Yuwono mengatakan, sampai pukul 22.44 waktu Singapura, belum ada pihak manajer dan keluarga Olga yang melapor ke KBRI Singapura.

Dengan begitu, KBRI belum bisa mengeluarkan dokumen pengiriman jenazah ke Jakarta. ”KBRI akan bantu pengurusan jenazah dan dokumen pengiriman jenazah. Namun, ketika kami ke Mount Elizabeth, tak ada keluarga yang dapat kami temui,” ujar Sukmo.

Sakit yang berujung pada kematian Olga bermula pada awal April 2014. Pelantun lagu Hancur Hatiku tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan (Jaksel), setelah pingsan saat mengisi sebuah acara di televisi. Saat itu tim dokter RSPI yang mendiagnosis Olga menyatakan bahwa pria tersebut menderita meningitis.

Setelah Olga dirawat sebulan, pada April 2014, pihak keluarga memutuskan untuk mencari obat ke negeri seberang dan merawatinapkannya di Mount Elizabeth. Sejumlah sahabat Olga dari kalangan selebriti seperti Raffi Ahmad, Kartika Putri, dan Jessica Iskandar bergiliran membesuk Olga. Setiap selesai membesuk, para selebriti itu selalu bilang kondisi Olga berangsur baik. Namun, Sang Penetap Takdir berkehendak lain. Olga akhirnya menyerah pada sakit yang dideritanya setelah menjalani perawatan intensif hampir setahun.

Sementara itu, di kediaman orang tua Olga di Jl Kresna Raya No 4, RT 11, RW 06, Duren Sawit, Jakarta Timur, tenda sudah terpasang. Puluhan warga berkerumun di depan rumah tersebut. Sebagian adalah fans Olga yang bertakziah. Sebagian lagi ingin melihat artis-artis teman Olga yang datang.

Jawa Pos yang menunggu di rumah duka sejak kemarin petang melihat satu per satu artis sahabat dekat Olga berdatangan. Komedian Denny Cagur, artis Ayu Dewi, Chand Kelvin, dan Tarra Budiman hadir dengan wajah berduka. Bahkan, ahli pengobatan alternatif Umi Zubaidah yang pernah didatangi Olga sebelum mencari kesembuhan di rumah sakit juga datang dan langsung menangis begitu menginjakkan kaki di teras rumah Olga.

Beginilah suasana di rumah duka Olga Syahputra
Beginilah suasana di rumah duka Olga Syahputra

Menurut Ketua RT 11 Duren Sawit Taufik Hidayat, jenazah Olga rencananya dimakamkan di TPU Pondok Kelapa sebelum duhur hari ini. Jenazah tidak bisa segera tiba di rumah duka tadi malam karena masih tertahan di kargo Bandara Changi Singapura. Menurut Taufik, rencananya pagi ini jenazah tiba di rumah duka sekitar pukul 09.00 WIB.

Menjelang tengah malam, keluarga Olga akhirnya bersedia menemui awak media. Salah seorang adik Olga, Reni, membenarkan bahwa kakaknya sakit meningitis. Reni mengungkapkan, kondisi kesehatan Olga semakin turun seminggu terakhir. Hingga akhirnya Olga mengembuskan napas terakhirnya kemarin sore.

”Selama ini kami tidak bermaksud menyembunyikan (tentang penyakit yang diderita Olga), tapi kami hanya ingin menjaga kesehatan dia,” tegas Edric Tjandra, sahabat Olga yang dipercaya mewakili keluarga.

(yas/ dod/mia/dra/c10/c6/kim)