Jokowi dan Didi Kempot Jadi Tokoh Berpengaruh di Jateng

DIDI KEMPOTBuku 100 Tokoh Jawa Tengah yang berisi profil tokoh-tokoh berpengaruh di provinsi ini diluncurkan di Semarang pada Jumat malam (30/1).

Buku setebal 420halaman itu berisi profil 100 tokoh di Jateng yang berpengaruh dari berbagai latar belakang, mulai seniman, politikus, akademisi, pebisnis, pejabat publik, militer, hingga ulama. Peluncuran buku yang diprakarsai tokoh Jateng yang juga anggota DPD RI Bambang Sadono itu didukung penuh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD.

Menurut Bambang, pemrakarsa buku terbitan PT Citra Almamater Baru tersebut adalah para tokoh yang diangkat profilnya. Buku itu diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda.

“Contoh atau teladan dari para tokoh sukses di Jateng, bagaimana perjuangan mereka yang umumnya dimulai dari bawah diuraikan secara detail dalam buku itu. Ini bisa diteladani,” katanya seperti dikutip Antara.


Penerbitan buku ini, kata dia, sejalan dengan tugas, pokok, dan fungsi DPD RI sebagai bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan memberikan motivasi melalui penerbitan buku itu. Diharapkan tokoh-tokoh yang ada menjadi inspirasi bagi masyarakat, utamanya generasi muda di Jateng.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Profesor M. Nasir yang hadir pada peluncuran buku itu sangat mengapresiasi buku yang bisa memberikan pembelajaran penting bagi warga Jateng.

“Saya menyambut baik. Buku ini bisa memberikan pembelajaran penting bahwa di Jateng ada yang menjadi orang sukses. Memberikan sumbangsih yang besar terhadap perkembangan negeri ini,” katanya.

Nasir yang juga termasuk dalam 100 tokoh berpengaruh di Jateng versi buku itu mengatakan, buku tersebut bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda di provinsi itu untuk meneladani para tokoh.

Para tokoh berpengaruh tersebut di antaranya Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Surakarta), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Karanganyar), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Semarang), Menristek M. Nasir, Presdir PT Sidomuncul Irwan Hidayat, juga terdapat penyanyi Campur Sari kondang Didi Kempot. (why/rmol/fsk)