Jokowi: Mari Cintai Film Indonesia

Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com
Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo mendapat kepercayaan dari insan perfilman nasional untuk memberikan salah satu penghargaan di malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2014, di Palembang Sports & Convention Center, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (6/12) malam.

Penghargaan itu adalah untuk kategori Film Terbaik FFI 2014 yang jatuh kepada film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Film yang diangkat dari kisah nyata dunia sepakbola khususnya di Ambon, Maluku itu, diproduksi oleh Visinema Pictures. Cineas muda Angga Dwimas Sasonko (29 tahun) didaulat menjadi sutradaranya.

Usai memberikan penghargaan, Jokowi diberi waktu memberikan sambutan. “Saya senang dengan film Indonesia. Tahun ini, saya mengingat-ingat film apa saja yang sudah saya tonton. Ada Manusia Setengah Salmon, Comic 8, Malam Minggu Miko. Itu yang saya ingat,” kata Jokowi.

Presiden juga berjanji pemerintah akan mendukung total perfilman nasional. “Tahun depan kalau Menpar (Menteri Pariwisata Arief Yahya) tidak total (dukung perfilman nasional), tolong bisiki saya,” kata Jokowi disambut aplaus insan film.


Selain First Lady Iriana Widodo, di acara itu juga hadir Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin beserta pejabat lainnya.

Jokowi juga menjelaskan, ada sejumlah program yang jelas-jelas bakal berkaitan erat dengan perfilman nasional. Di antaranya menyatukan seluruh aset ekonomi kreatif. “Ekonomi perfilman nasional masuk di dalamnya. Kemudian mendorong inovasi ekonomi kreatif tersebut,” imbuhnya.

Presiden mengatakan, pemerintah juga akan mendorong terus penegakan kesadaran apresiasi kesejahteraan insan film. “Termasuk di dalamnya soal hak cipta. Dan dalam satu bulan ini akan terus diproses terbentuknya Badan Ekonomi Kreatif. Badan ini akan langsung di bawah Presiden. Sekali lagi, Badan Ekonomi Kreatif, langsung di bawah presiden,” tandas Jokowi.

Jokowi berharap, perfilman Indonesia semakin dicintai oleh masyarakat. “Tunjukkan bahwa kita mencintai film Indonesia. Prestasi di FFI adalah kebanggaan kita bersama. Sekali lagi selamat kepada para pemenang, dan mari cintai film Indonesia,” pungkas Jokowi. (adk/jpnn)