Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Selama Ramadhan


POJOKSATU.id – Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi, beberapa persiapan harus dilakukan agar puasa berjalan lancar. Oleh karenanya kita perlu mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan selama puasa. Berikut nutrisi yang wajib dikonsumsi selama Ramadhan.

Air Mineral
Idelanya tubuh memerlukan minum sebanyak 8 gelas perhari. Saat puasa tubuh akan kekurangan cairan sebab tak minum selama lebih dari 12 jam. Konsumsi air yang mengandung mineral lebih kaya akan nutrisi sebab air mineral mengandung batuan mineral yang baik untuk tubuh. Konsumsi air mineral cegah tubuh lemas saat puasa.

Zat besi
Saat puasa tubuh akan merasa lemas sebab tak ada asupan makanan yang masuk dalam tubuh selama lebih dari 12 jam. Oleh karenanya tubuh memerlukan asupan makanan yang mengandung zat besi. Zat besi berperan dalam proses pembentukan sel darah merah sehingga tubuh tak merasa lemas. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya hati sapi, daging, tiram, kepiting, bayam, asparagus, dan kacang merah.

Serat
Tubuh membutuhkan asupan serat sebab saat berpuasa tubuh cenderung tak mendapat asupan hal ini akan berpengaruh pada pencernaan. Konsumsi serat saat puasa baik untuk kesehatan proses pencernaan dan penyerapan makanan di usus. Sumber makanan yang mengandung serat diantaranya sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan sereal.

Vitamin C
Vitamin C memilki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Tubuh tetap membutuhkan asupan vitamin C saat berpuasa agar tubuh terbebas dari serangan penyakit. vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, tomat. Serta sayuran seperti asparagus, kol, dan paprika.

Protein
Perlu diingat ketika berpuasa tubuh membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Salah satu nutrisi yang penting saat berpuasa adalah protein. Protein memilki banyak sekali fungsi bagi tubuh diataranya adalah sebagai sumber energi, sebagai antibodi, pembentukan sel dan sebagai cadangan makanan. Sumber makanan yang mengandung protein adalah daging, ikan, telur, dan susu.

Cairan Isotonik Bila Perlu
Air isotonik dipercaya dapat memenuhi cairan tubuh. Cairan isotonik memilki sifat mudah diserap oleh tubuh. Air isotonik mengandung ion dan mineral yang mampu mengganti cairan tubuh yang hilang. Saat puasa tubuh akan kehilangan cairan sebab tak mengonsumsi air selama lebih dari 12 jam. Air isotonik dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi cairan tubuh.

(mia/pojoksatu)