5 Rekomendasi Menu Takjil dari Bahan Alami


POJOKSATU.id – Bulan Ramadhan selalu identik dengan takjil, makanan kecil/makanan ringan yang ditujuakan untuk membatalkan puasa. Takjil selalu identik dengan makanan manis. Namun ternyata konsumsi gula secara berlebihan apalagi saat berbuka memilki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Kini ada alternatif menu takjil dari bahan alami.

Cincau
Cincau adalah panganan berbahan utama daun cincau yang direndam dalam air hingga berbentuk seperti gel. Daun cincau diyakini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Cincau biasa disajikan menjadi es cincau, selain menyegarkan, cincau dapat dijadikan alternatif dalam memenuhi kebutuhan energi setelah berpuasa.

Rumput Laut
Jenis makanan ini memang belum populer dikalangan banyak orang. Rumput laut biasa diolah menjadi agar-agar. Rumput laut merupakan makanan rendah kolesterol, tak heran jenis makanan ini baik untuk yang sedang menjalankan diet. Panganan ini dapat dijadikan sebagai alternatif takjil saat bulan puasa sebab rumput laut memiliki kadar kalori yang cukup untuk mengembalikan energi.

Kelapa Muda
Siapapun sepakat jika es kelapa muda merupakan minuman alami yang dapat menghilangkan dahaga. Kompisisi air kelapa muda diyakini menyerupai cairan elektrolit yang mirip dengan cairan tubuh. Oleh sebab itu mengonsunsi air kelapa saat berbuka bantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat seharian berpuasa.

Yogurt
Yogurt adalah panganan yang enak untuk dijadikan camilan, yogurt memilki segudang manfaat bagi tubuh termasuk menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan usus, dan masalah pencernaan. Konsumsi yogurt saat berbuka puasa dapat didampingi menggunakan es dan buah agar rasa lebih segar.

Es Sarang Burung Walet
Sarang burung walet tak banyak dikenal, padahal sarang burung walet memilki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sarang burung walet kaya akan antioksidan, protein dan asam amino yang baik untuk menagkal radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh. Sarang burung walet dapat dikonsumsi menggunakan es dan susu sebagai camilan takjil saat berbuka puasa.

(mia/pojoksatu)