5 Rekomendasi Makanan Manis Pengganti Kolak


POJOKSATU.id – Menjelang bulan Ramadhan kegembiraan disambut dengan menghidangkan beraneka ragam makanan, tak terkecuali makanan manis. Sudah menjadi hal yang lumrah ketika berbuka masyarakat Indonesia memilki tradisi memakan kolak. Namun, tak ada yang menyadari kalau kolak mengandung kalori yang cukup tinggi. Nah, bagi Anda yang ingin berbuka manis tanpa takut kalori, berikut 5 rekomendasi makanan manis pengganti kolak.

Kurma
Kurma merupakan panganan tradisi yang hampir selalu ada saat bulan Ramadhan. Kurma juga bisa dikatakan sebagai pengganti kolak sebagai makanan manis. Namun yang perlu diperhatikan kurma memilki kadar gula yang cukup tinggi.

Buah-buahan
Buah-buahan juga dikenal memiliki kandungan gula. Beberapa buah memiliki kadar gula yang tinggi. Pastikan asupan gula terpenuhi dengan memperhatikan kalori yang terdapat pada buah-buahan. Kabar baiknya buah memilki kandungan vitamin dan serat. Kombinasi ini baik untuk pencernaan.

Susu
Susu memiliki kandungan kalsium dan Vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun ternyata susu memilki jumlah kalori yang cukup untuk mencukupi kebutuhan energi. Tak heran jika mengonsumsi susu memiliki kadar gula sekitar 5 g per sajinya.

Yogurt
Yogurt merupakan produk susu yang difermentasi, yogurt memilki kadar kalori yang cukup tinggi yang mencapai 58 kcal per saji nya. Selain itu yogurt memilki kadar gula lebih rendah dari susu asli. Kabar baiknya yogurt memilki banyak kandungan vitamin dan rendah lemak.

Madu
Madu dipercaya sejak lama memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah membantu menambah energi pada tubuh. Madu memilki kadar kalori sangat tinggi dibanding produk makanan yang telah disebutkan sebelumnya. Bahkan madu memilki kadar gula hingga 82 g per saji nya. Angka yang cukup untuk kebutuhan energi per hari nya.

(mia/pojoksatu)