Kado HUT Kemerdekaan RI, Tontowi/Liliyana Persembahkan Emas Olimpiade 2016

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, hongkong superseries, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Foto via twitter @INABadminton

POJOKSATU.id, RIO DE JANEIRO–Ahmad Tontowi/Liliyana Natsir akhirnya mempersembahkan medali emas pertama dan satu-satunya bagi Indonesia di ajang Olimpiade 2016, Rio de Janeiro, Brasil. Pada final bulutangkis ganda campura, Owi/Butet mengalahkan wakil Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dua set langsung, 21-14 dan 21-12.

Tontowi/Liliyana bisa unggul cepat di awal pertandingan hingga mampu memimpin 7-2. Namun pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying nampak tak mau menyerah. Mereka mampu menipiskan perolehan poin menjadi 9-12.

Tontowi/Lilyana yang sudah kenyang pengalaman menunjukkan dominasinya hingga mampu unggul 20-13. AKhirnya pasangan andalan Merah Putih ini menang 21-14.

BACA: Set Pertama Tontowi/Liliyana Menang atas Wakil Malaysia


Di awal set kedua, Tontowi/Liliyana tidak menurunkan agresivitas penyerangannya. Mereka langsung unggul 5-2. Kali ini Tontowi tampil lebih menonjol dengan lebih banyak menyerang dan mengarahkan shuttlecock ke Goh Liu Ying. Keunggulan Owi/Butet tetap terjaga pada skor 8-4.

Pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying mulai tampak kedodoran meladeni permainan agresif nan menyulitkan yang diperagakan Tontowi/Liliyana.

BACA JUGA: Andik Vermansyah Posting Menyentuh Hati, Netizen: Mas, Mbalekā€™o Nang Indonesia!

Pertandingan semakin seru nan menegangkan ketika Chan Peng Soon/Goh Liu Ying bisa menipiskan skor menjadi 9-10, meski akhirnya jeda di set kedua ini Owi/Butet masih unggul 11-9.

Namun setelah itu, Tontowi/Liliyana semakin gencar menyerang bahkan keunggulannya semakin menjauh menjadi 16-10. Hingga akhirnya menang 21-12.

Ini menjadi emas pertama dan satu-satunya bagi Indonesia sekaligus menjadi kado terindah untuk HUT Kemerdekaan RI ke-71 yang tepat dirayakan hari ini.

(fat/pojoksatu)