9 Catatan Mengesankan Marc Marquez Usai Menyegel Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Perolehan poin Marc Marquez di klasemen pebalap MotoGP 2019 tak terkejar.
Perolehan poin Marc Marquez di klasemen pebalap MotoGP 2019 tak terkejar. ft/@Motogp

POJOKSATU.id, BURIRAM – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez memang tampil mengesankan sepanjang balapan MotoGP musim 2019, setidaknya hingga seri ke-15 di Buriram, Thailand. Setelah memenangkan race di Sirkuit Internasional Chang, Minggu (6/10/2019) Marquez pun dipastikan jadi juara dunia tahun ini.


Ini merupakan gelar juara dunia keempat secara beruntun yang diraih Marquez. Pebalap 26 tahun asal Spanyol itu kini mengoleksi delapan gelar juara dunia (6 di kelas utama MotoGP).

BACA JUGA: Klasemen Pebalap Usai MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia untuk ke-8 Kali

Berikut 9 catatan mengesankan Marquez usai mengunci gelar juara dunia 2019:

1. Marc Marquez sudah mengumpulkan 325 poin atau unggul 110 poin dari Andrea Dovizioso (Ducati Team) di peringkat kedua klasemen pebalap MotoGP. Masih ada 4 seri tersisa dan poin The Baby Alien tak mungkin terkejar.


2. Ini menjadi gelar keenam Marquez di kelas utama MotoGP atau gelar juara dunia ke-8 (termasuk kelas 125 dan 250 cc) sepanjang karirnya.

Marc Marquez, motogp thailand
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Motorsport)

3. Capaian enam gelar di kelas utama MotoGP ini sudah melampaui catatan Mick Doohan. Dan hanya tertinggal satu gelar dari Valentino Rossi.

4. Dari 15 seri yang sudah digelar, Marquez menjuarai 9 seri, lima kali runner up. Satu-satunya noda pada rekornya musim ini adalah kecelakaan saat memimpin balapan MotoGP Amerika.

BACA JUGA: Drama Lap Terakhir MotoGP Thailand, Marquez Segel Juara Dunia 2019

5. Gelar juara dunia 2019 membuat Marquez naik ke tempat ketiga dalam daftar pengoleksi gelar juara dunia terbanyak di kelas utama sepanjang masa dengan enam gelar – hanya satu gelar di belakang Valentino Rossi dan dua di belakang pemimpin Giacomo Agostini.

6. Marquez masuk 4 besar dalam daftar juara dunia sepanjang masa dengan delapan trofi termasuk keberhasilannya di MotoGP 2010 dan 125cc. Hanya satu gelar di belakang Rossi, Mike Hailwood dan Carlo Ubbiali yang masing-masing memiliki sembilan kejuaraan dunia.