Hari Pertama Latihan MotoGP San Marino, Marquez Dikepung Pembalap Yamaha

motogp
Ilustrasi (Foto: AFP)

POJOKSATU.id, MISANO – Yamaha menguasai hari pertama latihan MotoGP San Marino, setelah Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) memimpin sesi pertama.


Pada latihan bebas kedua, empat pembalap Yamaha berada di lima besar mengepung Marc Marquez (Repsol Honda) yang finis ketiga.

Maverick Vinales mencatatkan waktu satu menit 32,775 detik untuk unggul tipis 0,057 detik dari Quartararo dan 0,396 detik lebih cepat dari Marquez.

Valentino Rossi, yang sempat tercecer di P9 pada FP1, memperbaiki catatan waktunya untuk naik lima peringkat ke P4 diikuti oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di P5.


“Kami mencoba sejumlah hal baru dari motor, tetapi belum jelas apakah memang itu lebih baik. Dengan ban baru saya mendapatkan daya cengkeram yang sangat baik dan saya merasa enak dengan motor. Jadi hal ini sangat positif,” kata Vinales di laman resmi MotoGP.

Sementara itu, Marquez mendapati para pembalap Yamaha tampil sangat cepat di sesi latihan hari itu.

“Semua pembalap Yamaha sangat kuat khususnya Quartararo dan Vinales. Mereka membalap dengan sangat baik dan kalian bisa melihat hasilnya, empat Yamaha di posisi atas dan kami di tengah, seperti biasa,” katanya.

Pada sesi tes resmi MotoGP di Misano akhir bulan lalu, Yamaha juga menunjukkan tajinya lewat Quartararo sebagai pembalap tercepat sesi itu.

“Setelah dua hari tes setiap pembalap membalap sangat cepat, kami mencoba untuk menemukan jalan yang terbaik untuk mempertahankan poin kejuaraan ini pada Minggu nanti,” kata Marquez.

Para pembalap akan bertarung di FP3 pada Sabtu untuk memperebutkan slot otomatis ke kualifikasi utama atau Q2.

Kombinasi terbaik latihan bebas pertama dan kedua :

1. Maverick Vinñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) 1:32,775
2. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 0,057
3. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,396
4. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,695
5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,749
6. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,849
7. Michele Pirro (Ducati Team) + 0,929
8. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 0,953
9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,987
10. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 1,051

(ant/jpnn/pojoksatu)