Valentino Rossi Pesimis di GP Austria

Valentino Rossi di sirkui Red Bull Ring, Austria. Foto via twitter @crash_motogp

POJOKSATU.id, AUSTRIA – Pebalap Yamaha Valentino Rossi mengaku cukup pesimis bisa mendapatkan hasi maksimal di sirkuit Red Bull Ring Austria yang akan menjadi ajang seri MotoGP selanjutnya.

Sejatinya, Rossi mampu mencatatkan peningkatan yang cukup signifikan dalam hasil pengujian terakhir dengan dengan menempatkan diri di posisi ke-5 dari yang sebelumnya berada di posisi ke-9.

Akan tetapi, empat posisi di depan Rossi itu, semuanya ditempati oleh pebalap Ducati yang memang memiliki kecepatan dan top speed yang tidak dapat dikejar oleh tim lainnya.

Dengan hasil tersebut, lanjut Rossi, sedikit banyak bisa menggambarkan kekuatan di balapan yang akan di sirkuit tersebut. Keuntungan jelas akan berpihak kepada Ducati dengan karakter sirkuit yang memiliki desain sangat cepat itu.


“Sirkuit ini sangat cepat. Hanya ada sembilan tikungan diselingin turun naik,” kata Rossi dilansir Crash.

Tapi sayangnya, lanjut Rossi, karakter sirkuit itu sama sekali tidak bersahabat untuk Yamaha. Menurutnya, Yamaha masih kalah kencang dengan Ducati yang mampu mencapai top speed di atas rata-rata motor lainnya.

“Tapi sayangnya, track ini tidak cocok untuk kami (Yamaha),” jelasnya.

Rossi menjelaskan, karakter Yamaha memang tidak mampu digeber dengan kecepatan tinggi. Bahkan di trek lurus, Yamaha seperti kehilangan kekuatan jika diadu dengan Ducati atau Honda.

“Kami menderita dengan kecepatan tertinggi dan di trek lurus kami kehilangan cukup banyak waktu. Itu bisa menjadi masalah,” terangnya.

Meski mampu meningkatkan daya saing mesin Yamaha dan catatan waktu di sirkuit Red Bull Ring itu, Rossi merasa cukup pesimis bisa mendapatkan hasil maksimal di balapan nanti.

“Kami mampu meningkatkan waktu putaran dan posisi kami saat ini. Tapi sepertinya balapan bakal sedikit lebih sulit untuk kami (Yamaha), karena kami tertinggal dengan tim lain,”

“Ini akan sangat penting untuk juga memahami potensi pesaing lainnya, karena (Repsol Honda) tidak berada di sini. Ini akan menarik untuk melihat apakah kami yang sedikit lebih cepat atau lebih lambat dari mereka, tapi kami harus menunggu untuk balapan,” pungkasnya.

(ruh/pojoksatu)