Rossi Setuju Penggunaan Radio untuk MotoGP

Valentino Rossi
Valentino Rossi

POJOKSATU.id, AUSTRIA – Menilik balapan motoGP di Sachsenring Jerman pekan kemarin, Valentino Rossi menganggap wacana penggunaan teknologi Radio Team seperti di Formula 1 bisa diterapkan untuk MotoGP.

Wacana penggunaan teknologi tersebut dipicu banyaknya pebalap yang di Sachsenring lalu diharuskan mengganti motor setelah sirkuit mulai memgering setelah sebelumnya tergenang air imbas cuaca buruk.

Keadaan itu lantas cukup menyulitkan komunikasi antar tim. Akibatnya, banyak pebalap yang buta kapan harus berganti motor mereka.

Meski Membahayakan, Rossi Suka Sirkuit Austria
Asapi Rossi, Ducati Dominasi Ujicoba MotoGP Austria


“Jujur, saat ini kami membutuhkan teknologi untuk memudahkan komunikasi langsung dengan pit. Terkadang melihat papan pit (Pit Board) sangatlah sulit,” ujar Rossi dilansir Crash.

Contohnya, lanjut Rossi, ketika berada di Assen kemarin, Yamaha bisa memberikan instruksi lebih cepat. Hal itu sangat menguntungkan karena dirinya bisa terhindar dari insiden terjatuh di Assen.

“Saya tak mengerti mengapa saat ini kami tidak memiliki teknologi ini. Mungkin biaya, namun saya tidak mengerti detailnya. Yang jelas kami sangat butuh,” tutup Rossi.

(ruh/pojoksatu)