Waduh… Rossi Pensiun di MotoGP Sentul Indonesia

berita terbaru motogp, valentino rossi, motogp
Valentino Rossi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Valentino Rossi dikabarkan mulai pensiun dari MotoGP pada 2017 mendatang. Artinya, Rossi akan pensiun sebelum MotoGP Sentul Indonesia 2017 mendatang. Setelah pensiun, movistar Yamaha tersebut akan menjajal balapan reli roda empat, Formula 1

Rossi menyebut dirinya akan memilih balapan reli roda empat usai memutuskan pensiun dari ajang MotoGP. Hal itu dikatakan Rossi setelah menang di Monza Rally 2015 bersama Monster Energy, beberapa waktu lalu.

Pebalap MotoGP asal Italia itu akan berjuang keras musim depan agar bisa merengkuh juara dunia MotoGP 2016. Rossi ingin mengakhiri karirnya di MotoGP dengan hasil manis.

“Saya punya gairah yang besar dengan mobil karena saya ingat ketika ayah saya, Graziano, berhenti dari balap motor dia juga melakukan balapan reli,” ujar Rossi seperti dilansir laman Crash.


“Dia (ayah) memberikan saya banyak inspirasi dan keinginan untuk melakukannya juga. Saya ingin berlomba dengan menggunakan mobil ketika saya selesai dengan dunia MotoGP,” pungkas Rossi.

Valentino Rossi bersama Alessio Salucci, Moza Rally, MotoGP
Valentino Rossi bersama Alessio Salucci usai menjuarai Monza Rally 2015

Rossi yang akan berulang tahun ke-37 pada Februari mendatang mengawali karirnya balapnya di Grand Prix pada 1996. Rossi bergabung bersama tim Aprillia di kategori 125cc. Rossi sukses meraih juara dunia satu tahun kemudian, tepatnya pada 1997.

Sejak berkarir di MotoGP, Rossi telah meraih 9 kali gelar juara dunia hingga 2015. Rossi menjuarai empat kelas di MotoGP, yakni kelas 125cc (1 kali), kelas 250cc (1 kali), dan kelas 500cc (7 kali).

Sayangnya, Rossi bakal pensiun sebelum MotoGP Sentul Indonesia 2017 mendatang. Padahal, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sudah menandatangani letter of intent (LOI) dengan pihak Dorna Sport terkait dipilihnya sirkuit Sentul Indonesia sebagai tempat pelaksanaan MotoGP 2017 mendatang.

Sirkuit MotoGP Sentul Indonesia
Sirkuit MotoGP Sentul Indonesia

Direktur Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto mengatakan, LOI sudah ditandatangani oleh Menpora. Penandatanganan itu sudah bisa disebut sebagai bukti bahwa MotoGP 2017 jadi digelar di Indonesia.

“LOI sudah ditandatangani. Namun jika Indonesia tidak segera mempersiapkan sirkuit dan lain sebagainya, kita akan dikenakan denda oleh Dorna Sport,” ujar Tinton di kantor Dewan Pertimbangan Presiden, Kamis (19/11/2015) di Jakarta Pusat.

Desain sirkuit MotoGP Sentul Indonesia 2015
Desain sirkuit MotoGP Sentul Indonesia 2017

Tinton menjelaskan, dalam LOI itu, Dorna memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjadi salah satu tuan rumah MotoGP selama tiga musim, yakni 2017, 2018, dan 2019.

“Sebenarnya setiap kontrak Dorna memberikan waktu lima tahun, tapi kita ambil tiga tahun. Kita cari amannya saja, karena belum tahu ke depannya akan seperti apa,” tambah Tinton.

(crash/one/pojoksatu)