Data dan Fakta Menarik Pebalap MotoGP Qatar

sirkuit sentul, motogp
MotoGP

POJOKSATU.id, QATAR –  Sirkuit  Losail, Qatar, menjadi saksi pertama menariknya sirkus balapan musim 2015 ini.

Sirkuit ini dibangun pada 2 Oktober 2004 dan menelan dana sebesar 58 juta dollar dan melibatkan 1000 pekerja kontruksi. Sirkuit yang terletak di pinggiran ibu kota Qatar, Doha ini dirancang dengan arah sesuai jarum jam, dari kanan ke kiri.

Sirkuit dengan panjang lintasan 5,4km ini memiliki 10 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Pada musim 2008, sirkuit Losail untuk pertama kali menyelenggarakan balapan di waktu malam hari dan Jorge Lorenzo sukses menjadi jawara dengan catatan waktu, 1:53,927s.

Sedangkan Pojoksatu.id mencatat ada lima data menarik pebalap yang berlaga di sirkuit ini. Berikut data dan fakta yang dikumpulkan Pojoksatu.id :
1. Marc Marquez


Alex Marquez
Alex Marquez

Marc Marquez berpeluang merebut kemenangan ke-20 di kelas utama MotoGP. Saat ini Baby Alien baru mengoleksi 19 kemenangan, sama dengan milik legenda balap Inggris Barry Sheene. Jika saja dia menang di MotoGP Qatar, Marquez bisa menyamai torehan jumlah kemenangan milik pembalap Amerika Serikat, Freddie Spencer.

2. Dani Pedrosa

165916_864306_Dani_Pedrosa._Foto_Fox_Sport
Dani Pedrosa bisa mengalahkan rekor Mick Doohan soal urusan podium seandainya bisa naik di Qatar 2015 ini. Juara tiga pembalap asal Spanyol itu di Valencia musim lalu membuatnya sudah mengoleksi 94 kali jumlah podium, sama seperti Doohan. Satu kemenangan lagi akan membuatnya bisa mengalahkan legenda hidup balap motor asal Italia itu. Hanya satu nama yakni Valentino Rossi yang punya jumlah lebih banyak dengan 160 kali podium.

3. Valentino Rossi

155436_844185_Valentino_Rossi1
Penampilan Valentino Rossi berlaga di Qatar menandai 20 tahun kariernya sebagai pembalap. Saat ini ia masih jadi pembalap tertua yang aktif balapan.

4. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo sebenarnya berpeluang jadi pembalap terbanyak yang menang di Losail. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi lima kemenangan (2 kali MotoGP, 2 kali 250cc, sekali 125cc). Jumlah tersebut sama dengan milik Casey Stoner yang pernah juara sebanyak lima kali di berbagai kelas. Namun, Lorenzo gagal dan harus puas di urutan empat.

5. Bradley Smith
Bradley Smith jadi pembalap termuda Inggris yang melakoni balapan sebanyak 150 kali di MotoGP Qatar. Pembalap berusia 24 tahun itu mengalahkan pemegang rekor saat ini milik balap Inggris di era 1940-an, Mike Hailwood.

(kan/ps)