GP Belanda dan Spanyol Ditunda, GP Monaco Dibatalkan

rio haryanto, hasil gp china, rosberg juara gp china, video race gp china
Ilustrasi Formula 1

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejumlah seri Grand Prix Formula 1 (F1) dibatalkan seiring meluasnya penyebaran virus corona (covid-19) ke berbagai negara.


Setelah menunda jadwal GP Belanda dan Spanyol, terbaru pihak penyelenggara membatalkan seri Monaco.

Pembatalan GP Monaco, menjadikan kali pertama balapan F1 tidak akan terselenggara di jalanan ikonik Monte Carlo sejak 1954.

Terlebih lagi, Pangeran Monaco, Albert Alexandre Louis Pierre Grimaldi, atau Pangeran Albert II, dikabarkan positif terinfeksi virus Corona.


Dikutip dari lama resmi Formula 1, keputusan ini terpaksa diambil, setelah pembatalan juga terjadi pada GP Australia pembukaan musim pekan lalu, serta penundaan GP Tiongkok, Bahrain dan Vietnam.

Sedianya, GP Belanda akan kembali ke kalender tuan rumah untuk pertama kalinya sejak 1985, dan akan diadakan di Zandvoort pada 1-3 Mei.

Lalu balapan di Spanyol menyusul seminggu kemudian, dan Grand Prix Monaco pada 21-24 Mei.

“Tetapi dengan situasi Virus Corona yang sedang berlangsung, ketiga race kini telah ditunda,” ujar wakil pihak penyelenggara.

Dijelaskan, langkah tersebut diambil karena Formula 1, FIA dan tiga promotor, harus memastikan kesehatan dan keselamatan staf selama perjalanan, peserta balap dan penggemar yang akan menonton.

Selanjutnya, semua pihak yang berwenang akan mempelajari tanggal alternatif, untuk balapan Belanda dan Spanyol di akhir tahun.

“Formula 1 dan FIA berharap dapat memulai musim 2020 segera setelah Mei. Namun kami akan terus memantau situasi,” ujar wakil penyelenggara.

(jpnn/pojoksatu)