Dampak Wabah Virus Corona, F1 Tiongkok Dibatalkan

rio haryanto, hasil gp china, rosberg juara gp china, video race gp china
Ilustrasi Formula 1

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dampak dari wabah virus corona, penyelenggaraan Formula 1 seri Tiongkok yang dijadwalkan pada 19 April 2020 terpaksa dibatalkan.


Diketahui, F1 menjadi ajang kesekian yang harus dipertimbangkan ulang penyelenggaraannya di China, tepatnya di Shanghai. Sebelumnya, Formula E sudah lebih dahulu dibatalkan.

Pernyataan soal pembatalan balapan disampaikan Managing director of motorsport di F1, Ross Brawn.

Dikatakan, seri F1 Grand Prix China tidak dilaksanakan. Meskipun masih ada pilihan untuk memindahkan jadwalnya.


“Menurut saya, kalau ada kemungkinan itu tidak digelar di bulan April, maka akan ditunda,” kata Brawn sepert dilansir Motorsport.

“Kami akan membiarkan peluang terbuka untuk melihat apakah balapan bisa berlangsung di akhir tahun ini. China adalah pasar yang antusias dan berkembang. Jadi kami ingin mengadakan balapan di China,” sambungnya.

Meski begitu, bukan berarti pihak F1 akan serta-merta menukar jadwal GP China, tetapi lebih ke skenario menyisipkan di antara seri yang ada musim ini. Ini pun masih pilihan.

“Tampaknya sulit. Kami sedang menunggu promotor dan otoritas di China untuk membuat keputusan akhir, yang saya rasa akan mereka lakukan. Mereka telah membatalkan semua acara publik di bulan Maret. Jadi tidak ada acara atau akvititas olahraga publik,” paparnya.

Brawn menambahkan, F1 akan memutuskan nasib seri China saat kondisi sudah jauh membaik. Tantangan berat untuk F1 ialah membuat keputusan dengan cepat dalam beberapa pekan ke depan. Karena berhubungan dengan pengiriman logistik dan personil tim, untuk persiapan seri China yang merupakan seri keempat musim ini. (jpnn/pojoksatu)