Turnamen Terakhir, Mampukah Ribka/Fadia Lolos ke Semifinal BAC 2022?

Ganda putri Indonesia, Siti Fadila Ramadanti / Ribka Sugiarto. Ft/dok @INABadminton, piala thomas dan uber
Ganda putri Indonesia, Siti Fadila Ramadanti / Ribka Sugiarto. Ft/dok @INABadminton

POJOKSATU.ID, MANILA – Tersisa satu ganda putri Indonesia yang bertahan di Kejuaraan Asia atau Badminton Asia Championship (BAC) 2022. Yakni Siti Fadia Silva Ramadhanti / Ribka Sugiarto.


Ribka/Fadia lolos ke perempat final BAC 2022 usai mengalahkan Chang Ching Hui/Lee Chih Chen dari Taiwan di babak 16 besar dengan skor 21-13 dan 21-15.

BACA JUGA: Begini Peluang 3 Tunggal Putra Indonesia di Perempat Final Kejuaraan Asia

Di babak 8 besar, Jumat (29/4) sore, Ribka/Fadia akan menghadapi pasangan China, Du Yue/Li Wen Mei.

Dari segi peringkat, Ribka/Fadia jauh di atas wakil Tiongkok itu. Ribka/Fadia adalah ganda putri ranking 28 dunia, sementara Du/Li ranking 113 dunia.


Tapi kedua pasangan belum pernah bertemu sebelumnya, sehingga mereka masih sama-sama buta akan kekuatan calon lawan.

Di ajang BAC 2022, Ribka/Fadia sudah membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan ketiga Kim Soyeong/Kong Heeyong di babak pertama.

Sementara Du/Li baru sekali bertanding (babak 16 besar), setelah mendapat bye di babak pertama.

Di babak 16 besar Du/Li mengalahkan unggulan keenam asal Thailand, Jongkolphan Katitharakul/Rawinda Prajongjai dengan 21-11, 18-21 dan 21-17.

Turnamen Terakhir

Menghadapi Du/Li, Ribka/Fadia punya motivasi berlipat ganda untuk menang agar bisa lolos ke semifinal dan meraih prestasi maksimal di ajang yang mungkin jadi turnamen terakhir bagi pasangan ini.

Pasalnya, Tim Pelatnas Cipayung kabarnya akan ‘menceraikan’ Ribka dan Fadia.

BACA JUGA: Ini 8 Wakil Indonesia di Perempat Final BAC 2022: Kebanyakan Lawan China, Jojo Tantang Juara Dunia

Siti Fadia nantinya akan menjadi partner Apriyani Rahayu, sementara Ribka Sugiarto menjadi tandem Febby Valencia Dwijayanti Gani.

Ribka Sugiarto secara terbuka mengaku sedih, karena ia dan Siti Fadia sebenarnya sudah cukup solid dan moncer pada beberapa laga terakhir.

“Kalau dibilang turnamen terakhir pastinya sedih karena dari nol kan sama Fadia ya. Dari belum apa-apa juga sama Fadia sampai dari kemarin (kalahkan unggulan ke-2) sebenarnya progressnya juga sudah ada,” ujar Ribka Sugiarto di YouTube PBSI.

Kendati demikian, Ribka Sugiarto tetap menerima apapun keputusan dari tim Pelatnas Cipayung dengan kerelaan hati.

“Tetapi balik lagi kebutuhan tim kami tidak pernah tahu. Jadi fokus sama individu masing-masing juga dan berikan yang maksimal siapa pun pasangannya,” kata pacar ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto.

Lebih lanjut, Ribka Sugiarto dan Siti Fadia Silva Ramadhanti tak mau ambil pusing akan keputusan tim. Keduanya hanya ingin fokus pada Badminton Asia Championship 2022 di Manila, Filipina.(fat/pojoksatu)