PBSI Putuskan Indonesia Mundur dari BWF World Championship 2021, Alasannya Tidak Mau Ambil Risiko

Indonesia juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 pada babak final di Aarhus, Denmark, Minggu (18/10/2021). Ft/dokumen BWF.
Indonesia juara Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan China 3-0 pada babak final di Aarhus, Denmark, Minggu (18/10/2021). Ft/dokumen BWF.

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Kabar yang sebelumnya berhembus bahwa Indonesia mundur dari BWF World Championships 2021 yang berlangsung di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember mendatang, ternyata benar adanya.

PBSI sudah memutusakan bahwa Indonesia tidak akan ambil bagian di BWF World Championships 2021.

BACA JUGA: Kabar Indonesia Mundur dari BWF World Championship 2021, Dibiarkan PBSI Jadi Isu Liar

Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna membuat keputusan sulit ini karena alasan penyebaran varian baru Covid-19 jenis Omicron yang tengah merebak.

Sehingga keputusan mundur dari BWF World Championship atau Kejuaraan Dunia 2021 adalah demi menjaga keselamatan pemain setelah mendapat masukan dari pengurus, pelatih, dan Kabid Binpres.


Sebelumnya, sesuai laporan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta kepada Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, diputuskan bahwa keberangkatan tim bulu tangkis Pelatnas Cipayung ke Kejuaraan Dunia dibatalkan.

Hal ini bentuk perhatian pemerintah Republik Indonesia terhadap kesehatan dan keselamatan para atlet.

“Keputusan menarik diri tim bulu tangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,” tutur Alex Tirta, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.com.

“Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021,” tambah Alex.