Olimpiade Pertama, Anthony Ginting : Semaksimal Mungkin Mempersiapkan

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. ft/bwf, indonesia masters 2020
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. ft/bwf

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun depan.


Kepastian itu tidak lepas dari keputusan BWF yang dilansir pekan lalu. Federasi bulu tangkis dunia itu telah merevisi peraturan kualifikasi Olimpiade Tokyo.

Kualifikasi dilanjutkan pada 4 Januari sampai 2 Mei 2021. Semua event tahun ini yang ditunda hingga akhir tahun, seperti Malaysia Open, tidak dihitung.

Ini menjadi Olimpiade pertama bagi Ginting. Ia mengaku sejauh ini berupaya mempersiapkan semaksimal mungkin.


“Ya, ini memang Olimpiade pertama saya dan saya belum pernah merasakan suasananya kayak gimana. Tapi, saya tidak mau terlalu mikir ke arah sana,” katanya.

“Saya coba semaksimal mungkin mempersiapkan dan menikmati waktu ke depan sampai nanti puncaknya di Olimpiade,” tambah pemain 23 tahun tersebut.

Lebih lanjut, pemain yang dibesarkan klub SGS PLN Bandung itu mengaku senang bisa berangkat ke Tokyo bersama Jonatan. Soal peluang, dia menyebut dirinya dan Jonatan mempunyai kans yang sama untuk meraih medali.

“Mau siapa pun lawannya nanti, semua bisa menang dan kalah. Jadi, intinya, tinggal bagaimana kita menyikapi dan mempersiapkannya dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Binpres PBSI Susy Susanti mengatakan bahwa peluang selalu ada. Pihaknya tentu ingin menjaga tradisi emas Olimpiade. Tidak hanya dari tunggal putra saja.

“Minimal mendapat satu gelar dari sektor mana pun. Prestasi memang naik dan turun. Kami tidak menekankan siapa. Semua mempunyai kesempatan yang sama,” papar Susy. “Atlet sendiri juga sudah tahu tugasnya untuk bisa meraih capaian tertingginya,” imbuhnya.

Susy menambahkan, dalam mengikuti Olimpiade, tantangan terbesar atlet adalah menjaga motivasi diri sendiri. Apalagi, Olimpiade ditunda. Dalam setahun, peta kekuatan bisa berubah.

(jpc/pojoksatu)