#TerimaKasihOwi Jadi Trending, Ini Sederet Prestasi Tontowi Ahmad

Tontowi Ahmad. (Instagram)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kabar Tontowi Ahmad alias Owi gantung raket langsung jadi bahasan warganet di Twitter.


Dengan melambungkan tagar #TerimaKasihOwi, warganet menyampaikan salam perpisahan dan mengucapkan terima kasih kepada pebulu tangkis spesialis ganda campuran Indonesia itu.

Seperti yang disampaikan @gitamusic07 : “Terimakasih bang owi atas dedikasinya utk bulutangkis Indonesia. Terimakasih bang owi atas emas olimpiadenya, gelar juara dunianya, gelar All Englandnya, dan puluhan gelar lainnya utk Indonesia. Happy Retirement LEGEND! #TerimaKasihOwi.”


Ada juga @Taufik_Rahmawan yang mencuitkan : “Happy Retirement, Owi. Thank you for everything you’ve done for this country. Thank you for all the medals and achievements. #TerimaKasihOwi.”

Diketahui, Tontowi Ahmad adalah salah satu pemain terbesar dalam sejarah bulu tangkis Indonesia. Puncak karirnya terjadi saat dia bermain pada sektor ganda campuran, berpasangan dengan Liliyana Natsir.

Keduanya sukses merebut emas Olimpiade Rio 2016. Selain itu, duet yang kondang dengan nama Owi/Butet itu dua kali menjadi juara dunia. Yakni pada 2013 dan 2017.

Ganda campuran yang pernah menempati ranking satu dunia itu juga sukses menembus empat kali final All England pada 2012, 2013, 2014, dan 2015. Mereka juga menggasak tiga gelar pada ajang tertua dunia tersebut secara beruntun pada 2012-2014.

Setelah Butet mundur pada Januari 2019, Tontowi berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow. Sayang, hasilnya tidak terlalu impresif.

Owi/Winny bahkan tidak mampu menembus semifinal ajang BWF Tour 2019. Pencapain terbaik mereka adalah perempat final All England 2019.

Sementara pada 2020, Owi memiliki pasangan baru yakni Apriyani Rahayu. Mereka sempat bermain pada satu turnamen yakni Indonesia Masters 2020, Januari lalu.

Owi/Apriyani terhenti di babak 16 besar, kalah di tangan pasangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Seperti yang disampaikan lewat postingan di Instagramnya, Owi berharap bisa mengakhiri kariernya saat di puncak podium. Namun, hal tersebut tidak bisa terwujud terlebih di situasi saat ini.

Kini, ia pun memutuskan untuk melanjutkan hidup di bidang lain.

“Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini.tapi apapun yang terjadi saya saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini. saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karir saya di bukutangkis selama ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. dan sekarang waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain,” tulisnya.

(jpc/pojoksatu)