BWF Kembali Batalkan Sejumlah Turnamen, Termasuk Indonesia Open

Ilustrasi Bulu Tangkis, bwf, virus corona, drawing piala sudirman
Ilustrasi Bulu Tangkis.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dilaporkan kembali melakukan pembatalan sejumlah turnamen internasional.


Disebutkan, ada empat turnamen yang batal. Yakni Australian Open yang berlangsung 2 sampai 7 Juni. Lalu ada Thailand Open (9-14 Juni), Indonesia Open (16-21 Juni), dan Russian Open (7-12 Juli).

Bukan hanya itu, BWF juga membatalkan sembilan turnamen lain yang masuk dalam grade 3, ajang junior, dan para badminton. Jadi, total ada 13 ajang yang batal.

Dengan pembatalan ini, maka sudah dipastikan bahwa pada bulan Mei, Juni, dan Juli tidak akan ada turnamen bulu tangkis.


“Eskalasi pandemi Covid-19 secara global membuat turnamen-turnamen itu dibatalkan. Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan semua atlet, tim, ofisial, dan komunitas bulu tangkis secara luas tetap menjadi prioritas tertinggi kami,” tulis siaran pers BWF, Senin (6/4).

Sebelumnya, BWF sudah membekukan ranking dunia dan ranking junior per 17 Maret 2020 dan akan mencairkan peringkat dunia itu sampai turnamen-turnamen dunia kembali berputar.

“BWF juga melihat dampak dari penjadwalan ulang Olimpiade Tokyo 2020,” tulis BWF.

Sementara itu, Sekretaris PP PBSI Achmad Budiharto sempat mengusulkan untuk memundurkan Indonesia Open. Turnamen Super 1000 itu akan mengambil jadwal Indonesia Masters Super 100 yang awalnya bakal berlangsung pada 29 September hingga 4 Oktober.

“Persiapan sudah lumayan. Kami sudah booking tempat, rapat dengan pengurus. Pemerintah juga sudah memperpanjang situasi Covid-19 di Indonesia sampai 29 Mei,” katanya.

“Kami juga akan berkirim surat ke BWF tentang kondisi Indonesia saat ini. Jadi, adanya penundaan Indonesia Open akan kami evaluasi lagi,” tandasnya.

Browser anti blokir Kojop sudah bisa diunduh di Play Store, klik bit.ly/kojop

(jpc/pojoksatu)