Pemain Bulu Tangkis Tiongkok Dikonfirmasi Bebas Virus Corona

Li Junhui/Liu Yuchen
Ganda putra Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen. (JPNN)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemain bulu tangkis Tiongkok dinyatakan bebas dari virus corona. Hal ini dikonfirmasi Asosiasi Bulu Tangkis Tiongkok (CBA).


Dilansir dari laman resmi BWF, CBA melalui keterangan tertulisnya, menegaskan bahwa timnya dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi maupun diduga terinfeksi Covid-19.

“Sejak merebaknya wabah virus corona, ada banyak perhatian apakah tim Tiongkok bisa berpartisipasi atau tidak. Kami ingin menjelaskan bahwa tim bulu tangkis Tiongkok dalam keadaan sehat dan tidak ada yang dinyatakan terinfeksi atau diduga terinfeksi,” demikian CBA dalam pernyataan tertulisnya.


Dengan ini, mereka pun siap untuk kembali bertanding, termasuk pada tiga turnamen bulu tangkis di Eropa.

Diketahui, jelang All England 2020 di Birmingham pada 11-15 Maret mendatang, tim nasional Tiongkok memutuskan untuk memindahkan markasnya ke Nottingham, Inggris.

“Mayoritas tim melakukan perjalanan ke Inggris untuk pemusatan latihan pekan lalu dan sisanya masih berada di Beijing untuk mengajukan visa,” tulis pernyataan itu.

Sejak merebaknya wabah virus corona di Tiongkok, tim bulu tangkis Negeri Panda kesulitan untuk mengikuti kompetisi di negara lain.

Akibat ketakutan tersebut, para pemain Tiongkok tidak berpartisipasi pada ajang Badminton Asia Team Championships 2020 di Manila, Filipina. Itu disebabkan pemerintah setempat melarang warga Tiongkok memasuki wilayahnya.

Tak hanya itu, tim Tiongkok juga belum ikut dalam turnamen yang berlangsung pada Februari.

Namun, pebulu tangkis Tiongkok dibolehkan bertanding pada turnamen internasional di Eropa. Selain All England, Tiongkok bisa ikut dalam ajang German Open dan Swiss Open.

Ajang ini sangat penting bagi atlet Tiongkok. Sebab turnamen tersebut masuk dalam kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo.

(jpc/pojoksatu)