Segini Dana yang Dikucurkan Pemerintah untuk Bonus Atlet Asian Games 2018

Presiden Jokowi menyerahkan bonus simbolis kepada para atlet peraih medali emas Asian Games 2018 di Istana Negara, Minggu (2/9/2018) (antaranews.com)
Presiden Jokowi menyerahkan bonus simbolis kepada para atlet peraih medali emas Asian Games 2018 di Istana Negara, Minggu (2/9/2018) (antaranews.com)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan bonus untuk para atlet kontingen Indonesia yang berhasil mempersembahkan medali di ajang Asian Games 2018.


Penyerahan bonus dilaksanakan di Istana Negara, Minggu (2/9/2018) dan dihadiri para pejabat negara dan seluruh atlet peraih medali emas, perak maupun perunggu.

Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan, pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp210 miliar untuk bonus peraih medali di Asian Games 2018.


Presiden Jokowi Serahkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Asian Games 2018

“Rp210 miliar sudah untuk non medali termasuk di situ. Itu untuk Asian Games, Asian Paragames lain lagi, semua sama, penyetaraan dan sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu,” tutur Menpora seperti dikutip dari Antaranews.

Sesuai dengan janji pemerintah sebelumnya, setiap atlet peraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp1,5 miliar.

Indonesia sendiri sukses menyabet 31 medali emas, ini berarti pemerintah menggelontorkan bonus sebesar Rp46,5 miliar khusus untuk peraih medali emas.

Namun, untuk peraih medali emas ganda, seperti yang dipersembahkan ganda putra bulutangkis, Kevin/Marcus, masing-masing mendapatkan bonus Rp1 miliar.

Sedangkan untuk peraih medali emas yang didapatkan grup atau lebih dari tiga orang masing-masing atlet akan mendapatkan bonus sebsar Rp750 juta.

Sedangkan untuk medali perak, atlet yang meraihnya akan mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta (tunggal), Rp400 juta untuk ganda dan Rp300 juta per orang untuk peraih medali perak dari kelompok beregu.

Sementara untuk peraih medali perunggu, pemerintah memberikan bonus Rp250 juta untuk tunggal, Rp200 juta untuk ganda dan bonus sebesar Rp150 juta per orang untuk peraih medali perunggu dari kelompok beregu.

Selain bonus kepada atlet, pemerintah juga memberikan bonus untuk pelatih, dengan rincian, pelatih beregu mendapatkan Rp600 juta untuk emas, Rp200 juta untuk perak, dan Rp100 juta untuk perunggu.

Sedangkan untuk setiap medali kedua dan seterusnya, para pelatih mendapatkan Rp225 juta untuk emas, Rp75 juta untuk perak, dan Rp37,5 juta untuk perunggu.

Selain pelatih, para asisten pelatih juga tak luput diguyur bonus. Untuk asisten pelatih perorangan atau ganda mendapatkan Rp300 juta untuk emas, Rp100 juta untuk perak, dan Rp50 juta untuk perunggu.

Sedangkan para asisten pelatih beregu mendapatkan Rp375 juta untuk emas, Rp125 juta untuk perak, dan Rp62,5 juta untuk perunggu, dan setiap medali kedua dan seterusnya, para asisten pelatih mendapatkan Rp150 juta untuk emas, Rp50 juta untuk perak, dan Rp25 juta untuk perunggu.

(qur/pojoksatu)