Kalah dari Petinju Cina, Mario Blasius Kali Merasa Dicurangi!

POJOKSATU.id, JAKARTA – Petinju Indonesia, Mario Blasius Kali harus menelan kekecewaan setelah dinyatakan kalah atas petinju Cina, Zhonglin Wu dengan skor 2-3 di pertandingan perempat final Asian Games 2018 di Hall C Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018).


Mario yang turun di kelas terbang itu pun mengaku kecewa sekaligus kesal dengan hasil pertandingan tersebut, karena ia merasa mendapatkan poin lebih besar dibandingkan lawannya itu.

“Saya harusnya yang memenangkan pertarungan karena poin Zhonglin Wun dipotong saat wasit memberikan peringatan pada ronde ketiga,” kata Mario kepada wartawan usai pertandingan.

Apa yang ditudingkan Mario memang cukup beralasan. Pasalnya, dari lima hakim yang bertugas hanya hakim dari Rumania, Ramona Manuela Gobzac yang memberikan poin 27-29 untuk Mario.


Sedangkan empat hakim lainnya, yakni Wasala MR Wekapala (Sri Lanka), Geoffrey Cannel (Inggris) Jongjin Kim (Korea), dan Mohamed Daragi (Tunisia) memberikan skor sama 28-28.

Penilaian Mario senada dengan apa yang diutarakan mantan pelatih tinju nasional, Ucok Sitompul. Dikatakannya Mario selayaknyalah yang memenangkan pertandingan.

“Penilaian hakim asal Romania itu jelas tidak fair. Poin yang diberikannya untuk kemenangan petinju China 29-27 itu sangat mencolok sekali apalagi wasit sempat memberikan peringatan dan pengurangan poin kepadanya pada ronde ketiga,” paparnya.

“Empat hakim lain saja  memberikan penilaian yang sama 28-28. Harusnya Mario yang menang,” ucapnya.

Senada mantan juara nasional tinju profesional, Syarifuddin Lado mengatakan Mario yang pantas keluar sebagai pemenangnya.

“Ya, Mario harusnya menang karena lawannya sempat dapat peringatan wasit dan pengurangan poin pada ronde ketiga. Sebelum pengumuman pemenang saja petinju China itu tertunduk lesu karena paham akan mengalami kekalahan,” ungkapnya.

Pertarungan Mario Blasius Kali memang cukup ikeras. Kedua petinju sempat jual beli pukulan dan Mario sendiri sempat mengalami luka di atas alis kirinya.

Dengan kekalahan Mario Blasius Kalil, Indonesia baru meloloskan Huswatun Hasanah ke semifinal tinju putri Asian Games 2018.

(qur/pojoksatu)