Gajah Way Kambas Siap Kawal Kirab Obor Asian Games 2018!

jadwal asian games, jadwal, asian games 2018
Asian Games 2018.(asiangames2018.id)

POJOKSATU.id, LAMPUNG – Rombongan kirab obor api Asian Games 2018 akan tiba di Propinsi Lampung pada 8 Agustus mendatang.


Rencananya kedatangan api obor tersebut akan disambut gajah ‘binaan’ Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur.

Kepala Balai TNWK, Subakir mengonfirmasi rencana tersebut sebagaimana permintaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung.

Ini Besaran Bonus Peraih Medali Emas di Asian Games 2018

Asian Games 2018: Kick-off Cabor Sepakbola Jalan Lebih Dulu

Laga Perdana Timnas di Asian Games 2018, Jumpa Cina Taipei


“Kami sudah dapat surat permohonan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung agar mengirimkan satu ekor gajah jinak untuk menyambut Obor Api Asian Games itu,” kata Subakir seperti dikutip dari Antara.

Namun, pihaknya mengaku belum bisa memutuskan apakah akan mengirimkan gajah atau tidak karena masih harus mengomunikasikan hal tersebut ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai pihak yang berwenang sebagaimana regulasi pada Permenhut P.52 Tahun 2006 tentang Peragaan Satwa Liar yang Dilindungi.

Oleh karena itu, pihaknya meminta pihak pemohon untuk juga menyampaikan permohonan langsung ke Dirjen KLHK.

17 Ribu Siswa di Jakarta Diliburkan demi Asian Games 2018

Berapa Raihan Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018! Ini Prediksi KONI

“Kepada pak Kadispora saya sampaikan agar suratnya ditujukan ke pak Dirjen KLHK, mengingat saya tidak punya wewenang,” sebutnya. “Kalau diizinkan, kami siap mengirimkan gajah Way Kambas itu,”

Ditanya soal kriteria gajah yang akan dikirimkan nanti, Subakir mengatakan sesuai dengan arahan dokter hewan TN Way Kambas.

“Nanti dokter yang menentukan gajah mana yang akan dikirim. Di Way Kambas sendiri terdapat 66 ekor gajah jinak,  tentunya nanti yang dipilih gajah yang sehat,” imbuhnya.

(qur/pojoksatu)